Analisis Berpikir Konstruktif Ditinjau dari Penerapan Sentra Balok Anak Usia 4-5 Tahun di KB Cendekia Bapangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sentr balok dapat di terapkan di KB Cendekia Bapangan serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir konstruktif bagi anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan didukung oleh sumber data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak berusia 4-5 tahun yang berjumlah 10 orang, 3 orang guru pendidik, dan Kepala sekolah sebagai informan, serta 5 orang tua sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis aktivitas atau kegiatan dapat dilaksanakan secara signifikan dengan meningkatkan keterampilan berpikir anak, khususnya dalam konteks konstruktif. Sentra balok akan memberikan kesempatan belajar bagi anak mlalui eksplorasi, praktik langsung, dan pengamatan yang semua itu menjadi komponen penting bagi pengembangan kemampuan berpikir konstruktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); Cetakan 1). Cv. Syakir Media Press.
Afrianingsih, A. (2022). Pengaruh Evaluasi Dan Pembinaan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 2(1), 154–161.
Andriyani, A., & Indhra, F. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK Tunas Inti Dusun Tebo Jaya Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.406
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Muzakki, H., Yulia Hidayatul Umah, R., & Mudawinun Nisa’, K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Prima Widhiasih, A., & Nur Alfaini, S. (2023). Pengembangan Media Edukasi Busy Book Untuk Mengembangkan Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Bimbat Audi Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 20. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7832
Putri, Y. F., Marlina, L., & Wulandari, Y. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 153-163. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.15503
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Saadah, N., Khairi, R., Anggraini, M. S., & Fajri, Y. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Metode Mewarnai Di Ra An-Nur. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 81. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9024
Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Nature Microbiology, 3(1), 641. http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Utama, F. (2019). Pendekatan Dalam Studi Islam Emphatic Dan Homeschooling Scaffolding Vigotsky Untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 43. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4943
Wulandari, H., & Lestari, L. (2023). Pentingnya Pemahaman Guru Paud Terhadap Perkembangan Motorik AUD. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 13. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9020
Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Bandung: Penerbit Widina.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12561
Article Metrics
Abstract - 227 PDF - 201Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.