Peningkatan Peran Orang Tua dalam pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Workshop di Desa Winning Kecamatan Pasarwajo
Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo, mengalami berbagai tantangan yang menghambat perkembangan optimal anak. Meskipun banyak orang tua menyadari pentingnya pendidikan, mereka sering kali kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendukung pembelajaran anak di rumah. Hal ini menyebabkan anak-anak tidak mendapatkan stimulasi yang diperlukan, serta perhatian dan bimbingan yang cukup. Selain itu, keterbatasan sumber daya pendidikan dan budaya yang lebih mengutamakan pendidikan formal di sekolah semakin memperburuk situasi. Sebagai solusi, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya PAUD dan memberikan keterampilan praktis untuk mendukung pendidikan anak di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran yakni kuantitif survei dan kualitatif. Kegiatan yang dilaksanakan mencakup pengumpulan perspektif lokal melalui diskusi, pembentukan kemitraan dengan pembagian peran, dan partisipasi aktif masyarakat Desa Winning yang memiliki anak usia dini. Pendekatan ini diharapkan dapat membuat orang tua lebih terlibat dalam proses pendidikan anak. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 15 orang tua yang memiliki anak usia dini di Desa Winning serta guru 2 orang guru Taman Kanak-Kanak yang mengajar di Desa Winning. Dengan melibatkan orang tua secara aktif, diharapkan mereka dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan relevan. Hasil pelaksanaan pengabdian ini orang tua dapat berperan menfasilitasi anak bermain dengan media yang ada di sekitar. Orang tua juga berperan membimbing dan mengarahkan anak agar aktivitas yang dilakukan memiliki nilai pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan ini orang tua berperan menjadi pengontrol aktivitas anak terkait dengan penggunaan gawai oleh anak-anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani, A., & Fitria, E. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 11–23.
Ardiana, R., Aslindah, A., & Hartanti, R. (2024). Sosialisasi pentingnya menabung untuk anak usia dini di tk darul falah 10 samarinda. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 7(1), 25-30.
Dewi, N. F. K., & Irma, I. (2022). Peran Orang Tua Laki-laki Terhadap Kemampuan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Mulya Pantura. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 29–35.
Fitria, E., & Syarif, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Keaksaraan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Ilmi Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 22–28.
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31-38.
Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64-72.
Hardianto, D. (2022). Analisis program dan model kemitraan blended partisipatif sekolah dan orang tua. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 204-216.
Huru, M. M., Mamoh, K., & Mangi, J. L. (2022). Hubungan pengetahuan dan sikap orangtua tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak prasekolah. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 14(1), 1-15
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663-3674.
Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112.
Pratiwi, H. (2021). Permasalahan belajar dari rumah bagi guru lembaga pendidikan anak usia dini di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 130-144.
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648-3658.
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95-105.
Tulaseket, P. (2024). Sosialisasi Pentingnya Pemahaman Literasi Digital oleh Orang Tua Kepada Anak di Desa Lilibooi. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 212-216.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12572
Article Metrics
Abstract - 130 PDF - 151Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.