Pendidikan Berbasis Kreativitas Pada Mahasiswa PGPAUD Melalui Pemanfaatan Media Barang-Barang Bekas Dalam Pembelajaran Musik Perkusi di Universitas Muhammadiyah Tangerang
Abstract
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) adalah salah satu jurusan di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai pencetak calon guru Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. seorang Guru PAUD adalah guru pertama siswa didunia pendidikan, pentingnya kompetensi serta kretivitas yang harus dimiliki oleh seorang guru PAUD untuk menghadapi siswa usia dini, maka dari itu pendidikan terhadap mahasiswa PG PAUD harus berbasis kreativitas, karena pada zaman sekarang banyak guru yang hanya terbatas pada buku pembrlajaran saja. Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran seni musik berbasis kreativitas di PGPAUD Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan memanfaatkan barang bekas untuk membuat komposisi musik perkusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan pendekatan evaluasi, untuk melihat dan mengukur keberhasilan serta hambatan pada saat proses pembelajaran ini berlangsung. Diharapkan mahasiswa PG PAUD nantinya memiliki kreativitas dalam membuat komposisi musik perkusi dengan alat musik dari barang-barang bekas. Dan nantinya mampu mengajarkan musik pada anak usia dini dengan keterbatasan alat musik di PAUD tempat mahasiswa PG PAUD kelak mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272
Article Metrics
Abstract - 1609 PDF - 1288Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.