Strategies for Introducing the Cultural Values of Gresik Embodied in Damar Kurung: A Study on Early Childhood
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Jakarta: Amzah.
Fauziah, A. A., Septian, M. A., Lestari, A. P., Elnuri, A. I., & Pramadi, A. (2024). Program Pemberdayaan Masyarakat Kampung Garogol RW 06 Desa Margaasih Melalui Optimalisasi Pengelolaan Sampah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1-13.
Fitria, E., & Rayhani, W. (2023). Penggunaan Metode keteladanan Dalam Nilai Moral Dan Agama Anak Usia 5–6 Tahun TK Ar Rayhan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 31-41. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7837
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282
Khadijah, K., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Medan: Merdeka kreasi group.
Khaerani, H., Putri, D., Puspita, I., Winarti, D., Sulastri, F., & Wulansuci, G. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.283
Khofsah, Z. A., Fatmawati, F. A., & Ifadah, A. S. (2023). Pengaplikasian Budaya Lokal Gresik dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 462-469. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.561
Meitasari, A. D. (2017). Damar Kurung pada Masa Pemerintahan Bupati Sambari Halim Tahun 2010-2015. Avatara, 5(3), 623-636.
Miranti, A., & Zulfahmi, M. N. (2024). Peran Orang Tua Karier dalam Penanaman Literasi Budaya pada Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Kedungleper. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 211-228. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.13006
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafana, Q. R., & Umam, N. K. (2024). Analisis Damar Kurung melalui Penjelajahan Museum Virtual Masmundari pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 120-125. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.766
Telaumbanua, K., & Bu’ulolo, B. (2024). Manfaat Seni Rupa dalam Merangsang Kreativitas Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 123-135. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i1.920
Ubaidillah, U., Purnawati, P., Nisa’Karimah, A., Muchibbah, M., Ali, S. I., & Inayah, N. S. (2024). Pengaruh Aktivitas Mewarnai Damar Kurung Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Generasi Emas, 7(2), 126-139. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).17997
Ulum, F. B., Anwar, K., Susanti, L., & Anggraheni, U. S. (2023). Inovasi media pembelajaran berbasis teknologi era reformasi 4.0 di madrasah. JSG: Jurnal Sang Guru, 2(3), 8-17.
Utama, M. W. P. (2016). Keberadaan Seni Lukis Damar Kurung Masmundari. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 8(1), 38-58. https://doi.org/10.33153/bri.v8i1.1803
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.
Widyastuti, A. (2020). 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i1.13029
Article Metrics
Abstract - 60 PDF - 41Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.