The Effect of Dongklak Dance on the Gross Motor Skills of Children Aged 5–6 Years
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Maulidiyah, E. C., Gowinda, D., Safitri, L., Rahmaningrum, A., Jayanti, D., Dewi, K., & Surabaya, U. N. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Ai Bagi Guru Di Sekolah Se-Kabupaten. PROFICIO, 6(1), 894–897.
Aisyah, S., Ningrum, M. A., Malaikosa, Y. M., & Adhe, R. (2024). Pengembangan Media GAMAKE (Game Pemadam Kebakaran) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. GENERASI EMAS :Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniJ, 7(1), 78. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).17868
Bongyuvi, R. L., & Widayanti, M. D. (2023). Pengaruh Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Mekar Sari Surabaya. IJEC: Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 390. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2390
Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan data penelitian. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 5423-5443. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.5181
Djuanda, I., & Agustiani, D. N. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia 5 -6 Tahun. AlMarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33–45. https://doi.org/https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.5
Hidayanti, Bela, S. A., & Hijriyani. (2022). Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 42–46.
Izzati, M., Maulidiyah, E. C., Reza, M., & Sya’dullah, A. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Lobak Sirkuit Terhadap Kemampuan Keseimbangan Anak Usia 4-5 Tahun. JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 3. http://ejournal.intelektualedu.com/index.php/JPPI/article/view/9
Kholifah, S. N., Nurhalimah, E., & Artikel, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Manuk Dadali Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pgri 03 Srigonco Bantur-Malang. Juraliansi: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i1.352
Kurniasih, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Fun Painting Di Kelompok B Paud Nirmala Bandar. JP2KG AUD: Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini PG PAUD Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 74. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.71-88
Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif (panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maghfiroh, T. S. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Care: Children Advisory Research and Education, 8(1), 40–47. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Mahfudza, A., Nur, F., Siregar, A., Siregar, L. S., & Zahra, H. (2024). Pengembangan Seni Tari untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Azhura. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 26579–26585. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16511
Qudwatullathifah, R. N., Sholeha, H. H., & Aditia, T. (2024). Perkembangan Sensori Motorik Siswa Sekolah Dasar melalui Pelatihan Seni Tari Tradisional. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5636(3), 581–590. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/abdika.v4i3.4654
Santoso, S. (2019). Mahir statistik parametrik. Elex Media Komputindo.
Ulfa, F. A., Reza, M., Komalasari, D., & Widayanti, M. D. (2023). Pengembangan media kotak menggunting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9, 223–236.
Wigaringtyas, A. A., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Dongklak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 312–322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3706
Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14236
Article Metrics
Abstract - 36 PDF - 9Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.