The Effect of MarBel Animation Media on The Ability to Recognize Numbers in Early Childhood at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhe, K. R., Mustaji, M., Kristanto, A., Suryanti, S., & Muthukrishnan, P. (2025). Transforming Pedagogy with Digital Games: Tapak Nusantara as a Tool for Early Childhood Critical Thinking Development. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 6(2), 498-510. https://doi.org/10.46245/ijorer.v6i2.803
Aisyah. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi PG-PAUD Fakultas Pedagogik dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 2(2), 37-41.
Aisyah, S., Ningrum, M, A., Malaikosa, Y, M., & Adhe, K, R. (2024). Pengembangan Media GAMAKE (Game Pemadam Kebakaran) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 7(1), 76-91.
Aisyah, E, R., Widayati, S., Ningrum, M, A., Adhe, K, R. (2024). Hubungan Persepsi Pengguna Busy Book Terhadap Stimulasi Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak usia 5-6 Tahun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 509-522.
Anggraini, F. G., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 86–99.
Aristanti, N, D., & Setyowati, S. (2020). Pengaruh Game Menghitung Binatang Terhadap Kemampuan Menghitung Permulaan 1 Sampai 20 Bagi Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-10.
Aryanti, S., Hartati, R., & Syafaruddin. (2020). Pengembangan buku ajar badminton model animasi video pada mahasiswa pendidikan olahraga FKIP Universitas Sriwijaya. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6A), 47-50.
Astuti, F, P., Madyawati, L., & Putri, D. A. E. . (2023). Korelasi Secure Attachment Dengan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pengungkapan Bahasa Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(1), 13–29. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2023.4.1.13-29
Ayuni, Y. R. P. ., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172s
Azir, I, D, A., et al. (2021). Parents’ Perception of the Use of Digital Book Reading App in Improving English Skills for Early Childhood. ICONSEIR 2021: Proceedings of the 3rd International Conference of Science Education in Industrial Revolution 4.0.
Bjorklund, D. F. (2022). Children′ s thinking: Cognitive development and individual differences. Sage publications.
Cahyaningrum, W. N., Rasmani, U. E. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2022). Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Survei Di Tk Gugus Dahlia Wonosari, Klaten). Kumara Cendekia, 10(2), 109. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58458
Damayanti, Z. Z., Aisiyah, L. N., & Atika, A. N. (2023). Efektivitas Penerapan Token Economy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 3-4 Tahun: Efektivitas Penerapan Token Economy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 3-4 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(2), 15–31. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2023.4.2.15-31
Dewi, N, F, K., & Gaisani, S. (2021). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada Usia 4-5 Tahun Di Ra Al-Hidayah Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 31-39.
Falera, A., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2018). The Effect of Ladders Snakes on Gross Motor and Cognitive Development in Kindergarten. Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research, 212, 175-179.
Farastuti, S. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Puren Depok Sleman Yogyakarta [Poltekkes Kemenkes Yogyakarta]. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/6367/
Febrita, Y., & Ulfah, M, (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5.
Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(2), 70–78.
Ifadloh, L., & Widayati, S. . (2022). Pengaruh Youtube Konten Musik Anak Terhadap Kecerdasan Musikal Pada Usia 4-5 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 107–116. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.107-116
Jessica, S., & Adhe, K, R. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Botanica-Project Untuk Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Edukids, 17(2), 84-95.
Kirom, F, A., Setyowati, S., Ningrum, M, A., Widayanti, M, D., & Habibi, M. (2024). Pengembangan Media Video It’s Toilet Time dalam Menstimulasi Keterampilan Toilet Training Anak Usia 3-4. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2179-2192.
Kristanto, A. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.
Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A di RA Ar Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241–249. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.883
Maulidiyah, E. C., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Safitri, D. G. L., Rahmawati, D., Nashirah, S. Z., … Syakira, R. A. (2025). Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8634
Maulidiyah, et al. (2025). Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 16-27.
Miranti, W., Febriyanti, F., Dewi, K., & Murtopo, A. (2023). Pengaruh Video Animasi Hamid Kid’s Terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7403–7415.
Nashirah, S, Z., Safitri, D, G, L., Adhe, K, R., Ningrum, M, A. (2025). Validitas Perancangan Game Myfirstalphabet Sebagai Media Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 8-15.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048.
Nurjanah, S., & Fauzi. (2025). Development Of Fine Motor Skill Of The Children Through Scissoring Activities In Pertiwi 1 Dukuh Waluh Kindergarten. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 6(01), 13–27. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2025.6.01.13-27
Panjaitan, F. & Rangkuti, D. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan 1-20 Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B TK Gracia Sustain Medan T.A 2021/2022. ALACRITY : Journal Of Education, 2(2).
Ramli, C, P., & Zulminiati. (2021). Penggunaan Video Animasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Di Taman Kanak-Kanak. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 117-123.
Sa’adah, I, I., Maulidiyah, E, C., Safitri, D, G, L., & Reza, M. (2024). Analysis of Outdoor Learning Programs for Early Childhood at TK Labschool UNESA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 15-28.
Sari, L., & Adhe, K, R. (2022). Pengembangan Media Game Eduspasial Pada Kecerdasan Visual Spasial Pada Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. Thufuli, 4(1), 1-17.
Safitri, Ega., & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
Safitri, D, G, L. (2021). Partnership Communication Plan to Support the Implementation of Holistic-Integrative Early Childhood Education (PAUD HI). SEA-CECCEP, 2(2), 43-51.
Safitri, D, G, L. (2023). Building Partnerships with Families and Communities: A Case Study. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 12(1), 112-122.
Safitri, D, G, L., et al. (2024). Integrating STEM and PjBL to Promote Environmental Awareness in Preschool (SDG 13). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 24(2).
Safitri, D, G, L., (2025). Pelatihan Program Playing WITH Books Kepada Guru Paud Banyuwangi. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8-16.
Safitri, D, G, L., & Mahmudah, S. (2015). Persepsi guru taman kanak-kanak terhadap pendidikan seksual anak usia dini. PAUD Teratai, 4(2).
Saroinsong, W, P., Anggraeni, N., Adhe, K, R. (2020). Boosting Kognitif Pada Anak ; Diseminasi Survey Domino Konvensional vs Domino Digital. Jurnal Golden Age, 4(1).
Simatupang, N, D., Widayati, S., Adhe, K, R., & Sholichah, S, A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.
Subagyo, A. M. (2021). Relevansi Nilai Moral Sosial Dalam Serial Animasi Go Astroboy Go Dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 31–40. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.31-40
Suarsih, & Istiarini, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Permata Asri Serpong Kota Tangerang Selatan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 50-65.
Susanto, A, P., & Fitria, E. (2018). Upaya Meningkatkan Konsep Bilangan Melalui Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1-11.
Supardi., Hendratno., & Setyowati, S. (2024). Penggunaan Media Doodle Artistik dalam Mengembangkan Motorik Halus dan Seni pada Anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Sukodono Sidoarjo. EDUKASI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 673-686.
Syifa, S. K. P., Aisiyah, L. N. ., & Atika, A. N. (2024). The Impact Of Adult Song On The Social-Emotional Development Of Children Aged 5-6 Years At Kartika Iv-73 Kindergarten In Jember. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 5(01), 329–328. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2024.5.01.329-328
Thyer, B. A. (2012). Quasi-experimental research designs. Oxford University Press.
Tibyani, P., & Adhe, K. R. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Menstimulasi Fisik Motorik Kasar Pada Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 10(2), 67–82.
Ula, K., Hasibuan, R., & Izzati, U. A. (2023). Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3955–3962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4918
Utami, R, P., & Setyowati, S. (2018). Pengaruh Bermain Playdough Merah Terhadap Kemampuan Mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Aratisari Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negri Surabaya, 7(3), 1-7.
Wulandari, A, P., Salsabila, A, A., Cahyani, K., Nurazizah, T, S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Zusanti, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Media Puzzle Education Game Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak TK. JOEAI, 5(1), 52-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14259
Article Metrics
Abstract - 93 PDF - 53Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.