Enhancing the Number Recognition Ability of Group A Children through Number Ball Educational Play Tools (APE) at TK ABA Tanggul
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, N., Novianti, R., & Febrialismanto. (2020). Pengaruh permainan number ball race terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Cendana Rumbai Kecamatan Pesisir Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–11.
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Animals Manipulatife Lotto Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Alfarizky Kids Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.869
Cresswell, C., & Speelman, C. P. (2020). Does mathematics training lead to better logical thinking and reasoning? A cross-sectional assessment from students to professors. PloS one, 15(7), e0236153.
Callaghan, T., & Corbit, J. (2015). The development of symbolic representation. Handbook of child psychology and developmental science, 1-46.
Dwijantie, J. S. (2024). Perencanaan Pembelajaran PAUD: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan dan Edukatif. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).
Fitri, N. D., & Hariani, I. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Fingermathic Pada Anak Usia Dini. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2).
Fitria, D. A., Ramdani, C., & Miftahudin, U. (2024). Peran sekolah dalam upaya optimalisasi pendidikan karakter anak usia dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 57-67.
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
Hidayati, N., Qothrunnada, Z., Nabilah, F., Chasanah, U., Rodliyah, S. K., Safira, M. E., & Machfud, N. U. A. C. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Taman Ceria (Belajar Sambil Bermain di Luar Ruangan) di Desa Pasinan Kecamatan Lekok. Karya Nyata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 81-98.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh media sosial pada perkembangan kecerdasan kognitif anak usia dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49-60.
Lam, B. H. (2018). Social support, student outcomes and teaching strategies. In Social support, well-being, and teacher development (pp. 135-192). Singapore: Springer Singapore.
Lukitasari, M., Handhika, J., & Murtafiah, W. (2021). Model pembelajaran berdasarkan masalah melalui digital argumentation (PBM-DA). CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Mbi, R., Ita, E., Dhiu, K. D., & Meka, M. (2025). Upaya Meningkatkan Pengenalan Angka 1-10 Melalui Bermain Bola Angka Pada Anak Kelas B Di TK Negeri Tonggurambang. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1), 83-88.
Nada, Q., Nurani, Y., & Hikmah, H. (2024). Inovasi Permainan Engklek untuk Menstimulasi Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.316
Pandia, W. S. S., Psikolog, D. A. H., & Psikolog, Y. W. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi. PT Kanisius.
Pango, K., & Janul, F. S. (2024). Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui penggunaan media balok angka pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 45–53.
Pratiwi, Y. M., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan permainan rumbocur terhadap kemampuan mengenal angka anak kelompok A di TK Taffidz Al-Munawirah Desa Kualu Nenas. Jurnal PAUD Nusantara, 5(1), 88–97.
Putri, R. (2019). Pengembangan Media Permainan Bola-Bola Wol untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Membilang di TK Bintang Ceria 2 Tanjung Karang Barat (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rahmawati, N., & Damayanti, R. (2023). Pengaruh media interaktif terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 25–33.
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020, November). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/PAUD. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1, pp. 77-85).
Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky's zone of proximal development: Instructional implications and teachers' professional development. English language teaching, 3(4), 237-248.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2021). Strategi pembelajaran PAUD berbasis karakter. Pedagogia.
Utami, C. P., & Eliza, D. (2022). Pengaruh Loose Parts Play Terhadap Pengenalan Konsep Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Ceria Pasaman Barat. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 183-191.
Wae, M. Y., Ngura, E. T., & Meka, M. (2022). Pengembangan media permainan bola angka berwarna untuk meningkatkan kemampuan berfikir simbolik mengenal lambang bilangan pada anak usia dini kelompok B TKK St. Gabriel Mangulewa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1123–1131.
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wiyani, N. A. (2021). Psikologi perkembangan anak usia dini. Gava Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i2.14280
Article Metrics
Abstract - 11 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.