The Influence of Flannel Board Media on the Ability to Recognize Letters in Syllables in Children Aged 4–5 Years
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., Musa, & Samsu. (2022). Meningkatkan Pengenalan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar. Journal of Educational Research, 1(2), 237–252. https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.104
Aprilianti, L., & Widayati, S. (2021). Pengembangan Media Kereta Pintar Untuk Mengenal Konsep Lambang Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Lentera Anak, 2(2), 21–42. https://ejournal.unisnu.ac.id/jla/article/view/2544
Atik, A. M. (2021). Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita Sederhana Ditinjau Dari Segi Aspek Sintaksis Dan Semantik. Generasi Emas, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2021.vol4(2).7670
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE. SENASTER, 1(1), 1–8. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2754
Fairuzillah, Muhammad, N., & Listiana, A. (2021). The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on the Cognitive Intelligence of Primary School Children. Atlantis Press, 538, 334–338. https://doi.org/10.55849/wp.v3i1.517
Fatmaningsih, S. (2022). Pengaruh Permainan Papan Flanel dan Ludo Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam An-Nur Tanjung Morawa. (Tesis Magister). Retrieved from https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19243
Hasbi, M., Faeruz, R., Fridani, L., & Adhe, K. R. (2021). Aktivitas bermain balok anak usia dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Kartika, D., & Fitri, R. (2018). Efektivitas Kegiatan Menggambar Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Primer Pada Anak Kelompok A Di TK Gotong Royong Kecamatan Genteng Surabaya. PAUD Teratai, 1–5.
Kholid, & Ruqoyyah, F. (2021). Media Number Sense Untuk Mengenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini Dengan Multisensori. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 5(2), 55–64. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p55-64
Kholilullah, H., Dosen, S., Tinggi, A., Islam, A.-N., & Kuala, T. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Khotimah, N., Aisyah, R., Fitri, R., & Riyanto, Y. (2020). Developing Educational Game Tools of JUMOFAN (Fantasy Jumanji Modification) to Enhance the Beginning Literacy Ability to the Children of 4–5 Years Old. 491(Ijcah), 303–307. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.054
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/277
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Masruroh, E., Jannah, M., & Fitri, R. (2025). The Influence of Macro Role Play on Expressive Language Skills and Cooperation of 4-5 Year Old Children. 6(1), 41–46.
Melinda, V. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Ibnu Qaldun Jember Tahun Ajaran 2017-2018. Skripsi. (Tidak diterbitkan). http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87502
Naibaho, C. N., Tampubolon, F. A., Siburian, Y., Surip, M., William, J., Ps, I., Baru, K., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2025). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak. Morfologi, 3(2), 150–161.
Qomariah, N., Rahmah, S., & Zetalianti. (2022). Penggunaan Media Flanel Board dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Az-Zakyyah Desa Kace. EDUGAMA, 8(2). https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2467
Rahmawati, N., & Fitri, R. (2023). Permainan Basketball Circuit sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 633–643. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/227
Rahmayanti, A., & Fitri, R. (2023). Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun. SELING, 9(2), 268–275.
Restuningtyas, N., Hasibuan, R., & Zahidah, Q. (2023). Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di TK Tadika. 3(1), 52–65.
Rosida, Khotimah, N., Malaikosa, Y. M. L., & Setyowati, S. (2025). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengenal Mitigasi Bencana dan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Sustainability, 6(1), 206–220. https://doi.org/10.19105/18428
Sefy, S. A. S., & Simatupang, N. D. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1896
Setiadi, A. C. (2005). Pengajaran Bahasa dengan Pendekatan Komunikatif: Analisis Atas Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky. At-Ta’dib, 4(1), 7. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.569
Sholikah, A. A., Komalasari, D., Hasibuan, R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengembangan Aplikasi Game Kotapin (Kosakata Pintar) terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun.
Souliotis, M., & Kyridis, A. G. (2015). Narrating and Reading Folktales and Picture Books: Storytelling Techniques and Approaches with Preschool Children. Children, 8(1).
Susdarwono, E. (2021). Testing through the Mann-Whitney method and the Wilcoxon Signed Level on learning cube and perfect cube roots. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 26–36. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.43
Weisberg, D. S., Zosh, J. M., & Hirsh-pasek, K. (2013). Talking It Up: Play, Language Development And The Role Of Adult Support. American Journal of Play, 6(1), 39–54.
Widayanti, M. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Seriasi Ukuran Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelompok A. Jurnal Pendidikan Guru PAUD, 219–228.
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Wulandari, A. (2020). Perbandingan Teori Pendidikan Anak Usia Dini Maria Montessori Dan Jean Piaget Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4375/
Yahya, Y. (2020). Perkembangan bahasa anak menurut Noam Chomsky dan Eric Lenneberg. IAIN Palangkaraya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14506
Article Metrics
Abstract - 253 PDF - 32Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.