Development of the “Bisik Lalongklek” Game to Improve Receptive Language Skills in Children Aged 4–5 Years
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
’Aini, A. N., Simatupang, N. D., Reza, M., & Widayati, S. (2024). PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL “SERASA” UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI. Kumara Cendekia, 12(2), 138. https://doi.org/10.20961/kc.v12i2.87870
Anggraini, F. G., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya: The Effect Of A Chain Whisper Game Using BATAKA On Oral Communication Skills In Group B Children At Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 86–99. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2785
Dzunnurain, A. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Era Transisi New Normal. Pesona Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 46-58. https://doi.org/10.24036/117685
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media belajar big book dalam mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Hardiyanti, S. (2019). Penerapan metode permainan bisik berantai dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak (thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Komalasari, D., Reza, M., Setyowati, S., & Khotimah, N. (2024). Peran Media Wayang dalam Meningkatkan Keterampilan Bercerita dan Pemahaman Pancasila pada Anak Imigran Usia Dini di Malaysia. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 637–646. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.733
Levi, M. A. N., Hamidah, M., & Ningrum, L. D. C. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard pada Anak Kelompok B. Journal of Education Research, 4(4), 1773-1784. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.393
Putri, N. Y. P., & Komalasari, D. (2014). Pengaruh Media Boneka Hortikultural Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun Di Tk Tulus Sejati Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1-6.
Rosalianisa, R., Dorlina, N., Komalasari, D., & Rinakit, K. (2022). PELATIHAN BERNYANYI BAGI PENDIDIK POS PAUD TERPADU SE-KOTA SURABAYA. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p43-52
Solicha, R. A., & Hasibuan, R. (2022). Analisis Pengaruh Media Clay Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Instructional Technology, 22-27. https://doi.org/10.49056/ijit.vi.479
Sholikah, A. A., Komalasari, D., Hasibuan, R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengembangan Aplikasi Game Kotapin (Kosakata Pintar) terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14275–14280. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5500
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh penerapan permainan magic box (kotak misteri) terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di ra al-fajar medan denai. Jurnal Raudhah, 7(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506
Widayanti, M. D., Hasibuan, R., Rakhmawati, N. I. S., & Saroinsong, W. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional pada AUD di SIKL. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7053–7059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5453
Zusanty, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Media Puzzle Education Game terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak TK. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 52–64. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3307
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14705
Article Metrics
Abstract - 511 PDF - 134Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.