The Efforts to Improve Basic Writing Skills of 4-5 Year Old Children Through Rubber Seed Collage at TK Islam Al-Husein
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arina, P., Yenti, Y., & Ratnasari, L. (2024). Improving Fine Motor Development with Collage Techniques in Group B Children. Strata International Journal of Social Issues, 1(2), 67-78.
Atikah, C., & Oktaviani, R. (2025). Manajemen Pendidikan Sebagai Fondasi Penting dalam Perkembangan Anak. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 9(1), 91-98.
Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 131-152.
Chairunnisa, C., & Masyhuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 72–82. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i1.378
Downing, J. (1970). Children's concepts of language in learning to read. Educational research, 12(2), 106-112.
Fitria, D. A., Ramdani, C., & Miftahudin, U. (2024). Peran sekolah dalam upaya optimalisasi pendidikan karakter anak usia dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 57-67.
Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (6th ed). New York: McGraw-Hill.
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 159-171.
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2013). Motor development in young children. In Handbook of research on the education of young children (pp. 103-115). Routledge.
Halimah, N. (2016). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan berbagai media improving. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 807-808.
Hasanah, A. N., & Katoningsih, S. (2021). Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Indarwarti, A. (2017). Mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui beberapa metode. Psycho Idea, 15(2), 108-118.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Lubis, N. H., Wahyuni, A., & Daulay, A. M. (2025). Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase di RA Darussalam Kota Siantar. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 95-108.
Marti, E. (2013). Mechanisms of internalisation and externalisation of knowledge in Piaget's and Vygotsky's theories 1. In Piaget Vygotsky (pp. 57-83). Psychology Press.
Nada, Q., Nurani, Y., & Hikmah, H. (2024). Inovasi Permainan Engklek untuk Menstimulasi Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.316.
Nadar, W., & Wijaya, P. K. (2022). Penggunaan Metode Montessori Dalam Kegiatan Menulis Di Paud. Al Hanin, 2(2), 90–98. https://doi.org/10.38153/alhanin.v2i2.144
Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dalam Persiapan Menulis melalui Kegiatan Kolase. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Pandia, W. S. S., Psikolog, D. A. H., & Psikolog, Y. W. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi. PT Kanisius.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. W. W. Norton & Company.
Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114-130.
Siregar, S. W. T. N. P. (2023). Upaya guru mengembangkan motorik halus anak melalui media kolase di Raudhatul Athfal Al Misbah Padangsidimpuan Utara (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14798
Article Metrics
Abstract - 743 PDF - 150Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.