Improving English Vocabulary through Guess-the-Word Games Using Audio-Visual Media for Group B Children (Aged 5–6 Years) at TK Bhakti Siwi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133-142.
Asher, J. J. (1966). The Learning Strategy of the Total Physical Response: A Review. The modern language journal, 50(2), 79-84.
Asher, J. J. (1969). The total physical response approach to second language learning. The modern language journal, 53(1), 3-17.
Aulia, I., & Putro, K. Z. (2024). Penggunaan Media dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6519–6526.
Aulia, R. A., Azmar, D., Agustina, L., Nurhaliza, N., Salsabilah, N., Nursamsi, N., & Firmansyah, A. (2024). Pengaruh Permainan Tebak Gambar Berbahasa Inggris Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kawalimukti. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i1.328.
Azzahra, H., Chandra, C., & Kharisma, I. (2025). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar: Strategi, Manfaat, dan Implementasinya. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 113-121.
Dwijantie, J. S. (2024). Perencanaan Pembelajaran PAUD: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan dan Edukatif. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Firdaus, N. A. S., & Gandana, G. (2024). Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1).
Harmawati, W., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Analisis Bercakap-Cakap Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia Dini Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pkk Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya (Thesis Universitas Muhammadiyah Surabaya).
Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam Berkomunikasi. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106-124.
Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75-94.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872
Krashen, S. D. (1981). Second language acquisition and second language learning. Pergamon.
Krashen, S. D. (1982). Principles and practice in second language acquisition. Oxford: Pergamon Press.
Krashen, S. D. (1985). The input hypothesis: Issues and implications. Longman.
Lengkong, E., & Solang, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Gmim Syaloom Kumelembuai. … Pendidikan Anak Usia Dini, 06(1), 1–5. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2196.
Liani, P. N., Ambarwati, H., & Tristya, I. (2023). Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 71-101.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Mustami, M. K. (2024). Pengembangan Teknologi Audio-Visual Untuk Pembelajaran Pendidikan Islam. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 67-75.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional, dan implikasinya dalam pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2).
Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., & Yani, S. I. (2022). Pendidikan anak usia dini: perannya dalam membangun karakter dan tumbuh kembang anak usia dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 59-63.
Norhidayah. (2020). Meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa inggris siswa kelas VII B MTS negeri 2 Tanah Laut melalui penerapan metode permainan tebak kata (PETAKA) tahun pelajaran 2018/2019. Cross-Border, 3(2), 346–356.
Rahayuningsih, P. (2022). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1).
Rodrigo, V., Krashen, S., & Gribbons, B. (2004). The effectiveness of two comprehensible-input approaches to foreign language instruction at the intermediate level. System, 32(1), 53-60.
Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114-130.
Sinaga, S. I., & Intan, F. R. (2023). Implementasi Pengembangan Bahasa Inggris Anak melalui Media Tebak Gambar “Siapa Aku” Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 677-687.
Siregar, U. A., Silvi, N., Hasibuan, W., & Rambe, N. F. (2023). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Hata Poda, 2(2), 95-104.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supena, S. (2024). Peran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Sebagai Alat yang Penting di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1).
Susanti, M. D. (2022). Pengaruh Permainan Tebak Kata Pada Vocabulary Bahasa Inggris. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 181–194.
Ummah, S. S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. (2023). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 91-103.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds. & Trans.). Harvard University Press.
Zakiyah, F. (2019). PENDEKATAN INSTRUKSIONAL PADA PERMAINAN ‘FAST FOR WORD READING SERIES’UNTUK PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK DWIBAHASA. Etnolingual, 3(2), 119-130.
Zulfitri, & Nurlaili. (2020). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi “Classroom” Melalui Game Guess the Word (Permainan Tebak Kata) Pada siswa SDN 106190 DUsun 3 Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1(1), 353–360. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/106.
Zulkhaeriyah, Z., Zakiyah, F., Imam, M. M. I. R., & Awwaliyah, L. A. L. (2023). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Di Pesantren Al Mashduqi Melalui Permainan Tradisional Tebak Kata. JCS, 5(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v14i3.14810
Article Metrics
Abstract - 42 PDF - 12Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.