Penerapan Kegiatan Bercerita Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang

Adnun Shaffati Latifah, Evy Fitria

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan bercerita dalam pembentukkan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti tentang penerapan kegiatan bercerita dalam pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, setelah melakukan pengamatan dan penelitian tersebut dengan ini peneliti dapat menarik sebuah  kesimpulan,  bahwa  nilai  karakter memang sangatlah penting untuk membentuk kepribadian yang baik berbudi luhur dalam diri anak.Dampak yang dirasakan akan mempengaruhi setiap perilaku anak sehari-hari dalam perkembangannya menuju kedewasaan, jika seorang anak mendapatkan pendidikan karakter yang cukup dari guru maupun orang tua, maka anak akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa, pembangun muda dan pribadi yang mulia.Selain itu karakter anak dikembangkan mulai dari pengembangan potensi anak terlebih dahulu, kemudian perbaikan dan penyempurnaan kedepannya seiring  dengan  proses  penyaringan  budaya yang sesuai dan cocok dengan karakter dalam diri anak.

Keywords


Kegiatan Bercerita, Pembentukkan Karakter Anak, Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Darmayati, Kusuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter (Kajian Teori Praktik di Sekolah), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moeslichatoen R. 2014. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2337

Article Metrics

Abstract - 730 PDF - 643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats