Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Membaca Permulaan melalui media puzzle pada anak didik kelompok B PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitin ini adalah anak didik kelompok B anak yang mengalami masalah kemampuan membaca permulaan, seperti menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, menghubungkan lambang huruf vokal dan konsonan dengan gambar yang berawalan huruf vokal dan konsonan, membaca dan menulis nama sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui Media Puzzle. Kemampuan Membaca Permulaan pada Siklus I mencapai 51% , Siklus II meningkat mencapai 74% dan meningkat lebih baik lagi pada Siklus III mencapai 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam penelitian meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan melalui media puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Flamboyan Kel.Sukasari Kec.Kota Tangerang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S. B & Zain, A (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzamil, Misbach, 2010, Pengertian Media Puzzle, [online], (https://www. academia.edu/9717051/, diakses tanggal 20 November 2018).
Muflikha.Elok Siti. 2013. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf
Melalui MediaTutup Botol Hias di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang. Spektrum PLS Vol.1, No.1. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 18 Desember 2018
Salahudin. Anas. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Pustaka Setia.
Siregar, Syofian (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sujiono, Y.N (2009). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. Drs (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam berbagai Aspeknya). Jakarta: Prenada Media Group.
Suyadi, (2015). Cerdas dengan Spiritual Education Games. Yogyakarta. Serambi Semesta Distribusi
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338
Article Metrics
Abstract - 6184 PDF - 3325Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.