Hubungan Tanggung Jawab Anak dan Tugas Sekolah Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tanggung jawab anak terhadap tugas sekolah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jumlah seluruh populasi adalah 55 siswa TK sekecamatan Pagedangan dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket. Instrument pengumpulan data untuk pemahaman tingkat tanggung jawab variabel (X) dan tugas sekolah variabel (Y) menggunakan angket skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang diawali dengan uji normalitas dari data yang diperoleh. Pengujian hipotesis yang peneliti dapatkan setelah penelitian yaitu data memiliki regresi yang linier yaitu sebesar fhitung > ftabel dengan nilai 49.95 > 3.51 yang berarti data tersebut memiliki data yang linier tetapi memiliki hubungan yang tidak signifikan yaitu sebesar fhitung < ftabel dengan nilai 0.07 < 1.00. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis varian (anova) uji regresi linear sederhana. Berdasarkan tabel anova tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tanggung jawab terhadap tugas sekolah selama pandemi covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nariasih, N. W., & Dkk. (2014). “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” 2(1).
Onyema, E. M., & dkk. (2020). “Impact of Coronavirus Pandemic on Education.” 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/JEP/11-13-12
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM UIN Jakarta, 7(3), 227–238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.1
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4013
Article Metrics
Abstract - 756 PDF - 623Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.