Peran Orangtua Dalam Pembiasaan Mencuci Tangan Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat

Evy Fitria, Mukhlisoh Mukhlisoh

Abstract


Penelitian ini untuk bertujuan mengetahui peran orangtua dalam pembiasaan mencuci tangan pada anak di Masa Pandemi Covid-19. Informan dalam penelitian ini ialah  Orangtua dan Anak yang berjumlah 5 Orangtua dan 5 Anak di Daerah Kecamatan Kalideres Jakarta Barat dengan 5 Kelurahan Semanan, Kalideres, Kamal, Pegadungan, Tegal Alur pada tahun 2020. Fokus Penelitian antara lain; 1) Pembiasaan Mencuci Tangan, 2) Kendala orangtua mengajarkan mencuci tangan, dan 3) penyebab yang diharuskan mencuci tangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Studi Kasus dengan teknik Pengumpulan Data di ambiil dengan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran orangtua sangat penting dalam hal mengingatkan kepada anaknya kapan waktu mencuci tangan, memberikan contoh kepada anak tentang cara-cara mencuci tangan dengan baik dan benar agar anak terbiasa dalam mencuci tangan, 2) Kendala yang dihadapi orang tua saat membiasakan anak mencuci tangan saat akan melakukan kegiatan, pulang dari berpergian ialah anak masih menangis dan berterik saat diingatkan untuk mencuci tangan., 3) Penyebab yang di haruskan mencuci tangan yaitu orangtua selalu mengingatkan kepada anaknya waktu anak harus mencuci tangan.

Keywords


Mencuci tangan, Orang Tua, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Junaidi, H. (2019). kualitas metode penelitian program strata 1dalam pengarusutamaan gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 14, 107–127.

Manab, A. (2008). penelitian pendidikan pendekatan kualitatif.

Meok, I. aprilya. (2020). Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Cegah Virus Corona COVID-19. 4 maret, 1–13. https://tirto.id/cara-cuci-tangan-yang-benar-untuk-cegah-virus-corona-covid-19-eCPj

Rikayanti, K. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Petugas Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Badung Tahun 2013. Community Health, 2(1).

Sugiono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&d. In ALFABETA (Vol. 2).

Permatasari, E. D. ayu. (2016). MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU. UNIVERSITAS SLAMET RIYADI, 1(18), 71–78. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/1476

Tambak, S., Ahmad, M. Y., & Helman. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di Desa Petonggan Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Al - Hikmah, 14(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.4015

Article Metrics

Abstract - 1214 PDF - 1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats