KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-HIDAYAH KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berhitung permulaan anak yang menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa RA Al-Hidayah dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 25 siswa yaitu kelompok A1 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelompok A2 10 siswa sebagai kelas kontrol.teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan berhitung permulaan berbentuk tes tertulis yang terdiri dari 12 soal yang valid dan realibel. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh terhitung = -2,72 dan tabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh terhitung = 5,68 dan tabel = 1,99, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak yang menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik daripada dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Metode Hypnoteaching, Berhitung Permulaan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4834
Article Metrics
Abstract - 486 PDF - 380Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.