ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN KEPADA SISWA TAMAN KANAK KANAK
Abstract
Abstrak
Peran guru sangat menentukan dalam kegiatan pembelajaran, karena guru merupakan motivator dan penyampai ilmu pengetahuan atau informasi kepada anak didik sehingga anak mendapatkan pengalaman dan pengayaan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan di RA Al-Mukhlisin serta mengetahui apakah model pembelajaran terdapat permasalahan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa di RA Al Mukhlisin. Sumber dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di RA Al- Mukhlisin Kecamatan Pinang Kota Tangerang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber dari penelitian ini dilengkapi data berupa hasil wawancara. Rumusan masalah yang akan di analisis peneliti ini terbagi menjadi 2 (Dua) rumusan masalah. Berdasarkan temuan data peneliti dan pembahasan, maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di RA Al-mukhlisin dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa adalah model klasikal. Peneliti juga menyimpulakan kembali berdasarkan temuan dilapangan, bahwa guru-guru RA Al-Mukhlisin tidak menemui kendala menerapkan model klasikal dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa.
Kata kunci: model pembelajaran, konsep bilangan anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4838
Article Metrics
Abstract - 826 PDF - 504Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.