Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Proyek Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Insan Kabupaten Tangerang

Jumroh Jumroh, Ratna Istiarini

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi di lapangan, ditemukan 9 dari 12 anak pada kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang yang mengalami hambatan dalam kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode proyek pada kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi penelitian ini difokuskan pada penggunaan metode proyek. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak (2) peningkatan kreativitas anak pada kondisi awal 25% sementara pada siklus I menjadi 41,7% pada siklus II meningkat menjadi 66,7% dan pada siklus III mencapai 100%. Saran yang dikemukakan antara lain (1) bagi guru, agar meningkatkan proses pembelajaran variatif


Keywords


Kreativitas, Metode Proyek, Anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v6i1.555

Article Metrics

Abstract - 827 PDF - 509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats