Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Permata Asri Serpong Kota Tangerang Selatan

Suarsih Suarsih, Ratna Istiarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan melalui media puzzle pada anak didik kelompok B TK Permata Asri Serpong Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah  anak didik kelompok B anak yang mengalami masalah kemampuan berhitung permulaan, seperti mengenal konsep bilangan, membedakan lambang bilangan, dan dalam menulis lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan dengan media puzzle. Kemampuan berhitung permulaan anak pada siklus I mencapai 40%, pada siklus II meningkat mencapai 60% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus III yaitu 80 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media puzzle. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan melalui media puzzle dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B di TK Permata Asi Serpong Kota Tangerang Selatan.


Keywords


Berhitung Permulaan, Media Puzzle, Anak Usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v7i1.563

Article Metrics

Abstract - 1303 PDF - 973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats