Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Sumpit Angkasa pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang

Titi Rachmi, Vina Oktavioni

Abstract


ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpit angkasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model penelitian Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,waawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4- 5 tahun yang mengalami masalah dalam mengenal konsep bilangan, seperti membilang, mengurutkan bilangan,membandingkan lambang bilangan, menulis lambang bilangan, menghubungkan lambang bilangan dengan benda dan menunjukan lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpi angkasa. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada siklus I mencapai 53%, pada siklus II meningkat mencapai 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang menarik memiliki dan inovatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpit angkasa. Dengan demikian terbukti bahwa melalui media sumpit angkasa dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.

Kata Kunci : konsep bilangan, media, sumpit angkasa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5836

Article Metrics

Abstract - 565 PDF - 438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats