Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Power Point Pada Kelompok B di PAUD Melati Insani Tangerang

Iman Nurjaman, kartika kartika

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di PAUD Melati Insani Tangerang dengan menggunakan permainan power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas desain Karl & Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B1 dengan jumlah anak 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisis menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukan presentase peningkatan dan Teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penggunaan permainan power point. Setalah dilakukan tindakan dengan menerapkan permainan power point, setiap siklusnya selalu terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut ialah 46% pada pra siklus, 61% pada siklus I, 81% pada siklus II, dan presentase akhir adalah sebesar 93% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut ditarik kesimpulan bahwa permainan power point dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B PAUD Melati Insani Tangerang.

 

Kata Kunci : mengenal huruf, permainan power point

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5838

Article Metrics

Abstract - 244 PDF - 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: jurnalceria@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats