ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA PAKOJAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Bangsa Pakojan Kota Tangerang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang dihadapi guru dan orang tua saat menerapkan pembelajaran daring, salah satunya orang tua membimbing anaknya dalam menggunakan teknologi yang dipakai saat belajar, orang tua juga sebagai fasilitator dan motivator agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring.
Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah anak dalam penelitian ini adalah 4 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
hasil penelitian seperti yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap kemampuan sosial anak, karena pembelajaran daring pada masa pandemi seperti ini adalah salah satu cara dalam dunia pendidikan untuk tetap melaksanakan pembelajaran agar tercapainya indikator materi. Namun, keberhasilan pembelajaran itu sendiri tergantung guru, alat pembelajaran seperti handphone, dan muridnya. Tidak semua pembelajaran daring berjalan secara efektif. sistem belajar bersesi menjadikan proses belajar anak lebih singkat, pembelajaran jarak jauh sehingga tidak ada komunikasi secara langsung antara guru dengan anak/anak dengan anak kurangnya sosialisasi sehingga anak tidak dapat mengenal teman satu sama lain, anak lebih sering menggunakan handphone untuk bermain game, anak kurang konsentrasi belajar karena terlalu banyak distraksi, kurangnya akses internet berpengaruh sehingga anak tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring.
Kata kunci : pembelajaran daring, kemampuan sosial, anak usia dini
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i1.6635
Article Metrics
Abstract - 329 PDF - 248Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.