ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA PAKOJAN

Nurul Fitria Kumala Dewi, Noviyanti Novia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di Paud Tunas Bangsa Pakojan Kota Tangerang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang dihadapi guru dan orang tua saat menerapkan pembelajaran daring, salah satunya orang tua membimbing anaknya dalam menggunakan teknologi yang dipakai saat belajar, orang tua juga sebagai fasilitator dan motivator agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring.

Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah anak dalam penelitian ini adalah 4 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

hasil penelitian seperti yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap kemampuan sosial anak, karena pembelajaran daring pada masa pandemi seperti ini adalah salah satu cara dalam dunia pendidikan untuk tetap melaksanakan pembelajaran agar tercapainya indikator materi. Namun, keberhasilan pembelajaran itu sendiri tergantung guru, alat pembelajaran seperti handphone, dan muridnya. Tidak semua pembelajaran daring berjalan secara efektif. sistem belajar bersesi menjadikan proses belajar anak lebih singkat, pembelajaran jarak jauh sehingga tidak ada komunikasi secara langsung antara guru dengan anak/anak dengan anak kurangnya sosialisasi sehingga anak tidak dapat mengenal teman satu sama lain, anak lebih sering menggunakan handphone untuk bermain game, anak kurang konsentrasi belajar karena terlalu banyak distraksi, kurangnya akses internet berpengaruh sehingga anak tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring.

 

Kata kunci : pembelajaran daring, kemampuan sosial, anak usia dini

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i1.6635

Article Metrics

Abstract - 251 PDF - 165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats