UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HUSNA KECAMATAN CILEDUG KOTA TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain congklak pada anak didik kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Hasil penelitian pada siklus I, menunjukan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak antara sebelum dan sesudah pemberian tindakan pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Husna. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan siklus I sebesar 17% yakni dari kondisi awal 41.6% menjadi 63.1%, siklus II mengalami peningkatan sebesar 35.9%, yakni dari kondisi awal 41.6% menjadi 77.5%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 51.7 %, pada kondisi awal 41.6% menjadi 94%, sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada usia 5-6 tahun. di RA Al-Husna Kecamatan Ciledug Kota Tangerang
Kata Kunci : kemampuan berhitung, permainan congklak
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i1.6637
Article Metrics
Abstract - 415 PDF - 312Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.