PENINGKATAN KEMAMPUAN NATURALIS MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANNISA QUROTA A’YUN KEC. SINDANG JAYA

Titi Rachmi, Nurkholipah Ipah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan naruralis setelah melakukan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun di Paud Annisa Qurota A’yun kec. Sindang Jaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga siklus tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi,serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B Paud Annisa Qurota A’yun kec. sindang jaya, yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Fokus penelitian adalah kemampuan naturalis anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument non-tes seperti observasi atau pengamatan, catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan naturalis anak melalui metode proyek dapat dibuktikan rata-rata skor kemampuan naturalis dalam satu kelas pada siklus I sebesar 43,75 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 61,25 dan pada siklus III sebesar 87,5

 

Kata Kunci : kemampuan Naturalis, Metode Proyek, dan Penelitian Tindakan


Full Text:

PDF

References


Daftar Acuan

Andajani, R. M. S. S. J. (2004). PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN NATURALIST INTELLIGENCE ANAK USIA 5-6 TAHUN. Metode Proyek Terhadap Kemampuan Naturalist Intelligence Anak Usia 5-6 Tahun.

AS, N. W. F. (2016). PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PROYEK ( Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh ). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak, 5(2), 119–127.

Gardner, H. (2017). MELALUI KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI BAMBIM AL-ABROR KECAMATAN MANGKUBUMI. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 203–213.

KurniahYulidesni, S. M. (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA KELOMPOK B TK ASYIYAH X KOTA BENGKULU Selfa Maryanti. Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31.

Muhammad Yaumi, N. I. (2013). No pembelajaran kecerdasan jamak (multiple intelligences) mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta anak (1st ed.). jakarta: kencana prenadamedia group.

Putu Ariestu Rashidiyanti1, Putu Aditya Antara2, K. N. W. (2016). PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI METODE PROYEK TAMAN KANAK-KANAK Putu. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 4(1).

Rohayati2, T. R. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.

Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(20).

Sujiono, yuliani nurani. (2011). konsep dasar pendidikan anak usia dini (B. Sarwiji, ed.). jakarta: pt indeks, jakarta.

Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas (P. Latifah, ed.). jakarta: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7840

Article Metrics

Abstract - 305 PDF - 173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats