Pengaruh Kegiatan Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kemampuan Menulis Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun

Rini Rojab, Edi Hendri Mulyana, Aini Loita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh kegiatan bermain pasir kinetik terhadap kemampuan menulis lambang bilangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dengan sampel penelitian yaitu anak kelas B1 di TK Negeri Pembina. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pra-eksperimen tipe One grup pratest posttest. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari data tes, observasi dan dokumentasi dengan rangkaian penelitian berupa pratest, treatmen, posttest, pengolahan data, analisis data deskriptif dan inferensial sampai disajikan data hasil penelitain. Hasil penelitian ini memuat kemampuan awal dengan rata-rata hasil pratest yaitu 34,166 berada pada interval kategori tinggi dan sangat tinggi, data kemampuan akhir rata-rata hasil postest yaitu 37,166 semua berada pada interval kategori sangat tinggi dan terdapat perbedaan dari hasil pratest dan posttest dengan taraf signifikansi 0,024 kurang dari 0,05 serta dilihat dari hasil rata-rata pratest 34,166 dan posttest 37,166 yang menunjukan terdapat peningkatan keamampuan menulis lambang bilangan anak kelas B di TK Negeri Pembina. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bermain pasir kinetik terhadap kemampuan menulis lambang bilangan anak 5-6 tahun.

Kata kunci: Anak usia 5-6 tahun, Bermain pasir kinetik, Kemampuan menulis lambang bilangan, Metode Eksperimen


Full Text:

PDF

References


Chairunnisa, C., & Masyhuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 72-82.

Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76-91.

Prashanti, N. A. S., & Hafidah, R. (2021). Perkembangan Menulis Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 Di TK Darussalam 02. Paudia, 10(1), 197-210.

Setandar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Sttpa) Paud Kurikulum 2013 Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Syarifuloh, S., Subyantoro, S., & Syaifudin, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Tulis Produktif Anak Usia 2-4 Tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 7(2), 81-88.

Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9022

Article Metrics

Abstract - 671 PDF - 688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats