OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI

Titi Rachmi, Nurul Fitria Kumala Dewi, Chahaya Fuzi Astuti

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada anak usia dini. Pada penelitian in ditemukan beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menyimak seperti belum mampu melaksanakan perintah dari guru, belum fokus menyimak alur cerita, belum mampu merespon pertanyaan dari guru tentang alur cerita yang dijelaskan, serta kesulitan mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan mengenai alur serita sehingga mengakibatkan anak menjadi kurang percaya diri karena ketidakmampuan dalam berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan adalah Classroom Action Research dengan memakai tiga siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah tujuh orang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal anak sebelum tindakan rata-rata 30%, setelah tindakan siklus I menunjukkan hasil rata-rata persentase 56%, setelah tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 58% dan setelah tindakan siklus III mengalami 87 % dengan kriteria berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan menyimak anak usia dini dapat meningkat dengan menggunakan metode bermain peran.

 Kata kunci: Kemampuan menyimak, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Adipu, Christi ES. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak di Kabupaten Boalemo. Jurnal Pendidikan Glasser

Ambarani, dkk (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 No.1

Ariawan, Anggia Vina Nastitie, dkk (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Vol.2 No.1

Arriyani, N. & Wismiarti. 2010 Panduan Pendidikan Setra Untuk Paud Sentra Main Peran. Jakarta Timur: Pustaka Al Fatah

Budyawati, Luh Putu Indah & Hartanto, Wiwin (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi

Dhieni, N. dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Harjanty, Rokyal dan Fithrii Muzdalifah (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, Vol.2 No.2, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Pendidikan Nusantara Global.

Hijriyah, U. 2016. Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa . Bandar Lampung. SBN : 978-602-423-005-0

Ilsa, Fika Novia & Nurhafizah (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Tambus

Jannah ,R.R & Sukiman. 2018 Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media

Kamijan dan Suyono. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pelajaran Menyimak. Jakarta: Depdiknas.

Mardiyan, Riry (2012). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 3 Bukittinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pakar Pendidikan

Rochati (2011). Penggunaan Media Audio Visual Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Pada Siswa SD Negeri 02 Sikayu Comal Pemalang. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unnes Repository

Rufaidah, Desy (2015). Model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Diskusi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal CARAKA, Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2015

Srihayati, Henik (2016). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Tarigan , H. G. 2018 Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Wibawa, B. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137

Article Metrics

Abstract - 1058 PDF - 909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats