Analisis Kebutuhan Pengembangan Animal Scrabble Untuk Memfasilitasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan animal scrabble untuk memfasilitasi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni EDR (Educational Design Research) model dari McKenney. Dimana penelitian ini dilakukan dengan 2 tahapan uji coba alat permainan edukatif animal scrabble. Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun. Selain itu, partisipan dari penelitian ini yakni 2 orang pendidik kelompok B di TK Artanita Al-Khoeriyah, RA Nurul Hikmah dan TK Kartika IX-10/ Cangkurileung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi, validasi ahli dan angket. Adapun prosedur dari penelitian ini yakni 1) analisis dan eksplorasi, 2) desain dan kontruksi, 3) evaluasi dan refleksi, dan 4) intervensi yang matang. Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan animal scrabble sangat dibutuhkan dalam memfasilitas kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Animal scrabble, kemampuan membaca permulaan, anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9927
Article Metrics
Abstract - 311 PDF - 254Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.