Pengaruh Aplikasi E-Flashcard Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya upaya memperkenalkan kosakata bahasa inggris pada anak, hal tersebut diakibatkan oleh terbatasnya media ajar yang menarik pada proses belajar di TK Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis dari penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif melalui metode eksperimen berupa quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini yakni semua anak pada TK Nur Ilaahi, dengan sampel B1 dan B2 yang setiap kelas dengan jumlah 10 anak. Teknik dalam mengumpulkan data melalui penggunaan test dimana terdapat 5 butir item instrument pernyataan. Teknik dalam menganalisis data melalui cara melakukan perbandingan perbedaan dari dua rata-rata nilai, yang mana dilaksanakan uji t (t-test) melalui bantuan program SPSS 19 for windows. Namun sebelumnya melaksanakan pengujian normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata pre-test grup eksperimen 12,90 dan grup kontrol 12,00. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) adalah 0,016<0,05. Sehingga bisa diraih kesimpulan dimana pengaruh aplikasi e-flashcard memberikan dampak akan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini pada Taman Kanak-Kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang.
Kata kunci: Aplikasi E-Flashcard, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9929
Article Metrics
Abstract - 367 PDF - 306Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.