Analisis Efektivitas Peran Guru Dalam Membangun Proses Eksplorasi Anak Di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh Orchard Georgetown Penang

Sukria Hairun Nisa

Abstract


Berkenaan dengan sistem pendidikan salah satu penyebab rendahnya
kreativitas anak ialah lingkungan yang kurang menunjang anak untuk
mengekspresikan kreativitasnya khususnya lingkungan keluarga dan
sekolah. Permasalahan ini muncul dengan banyaknya persoalan
menyangkut pengembangan potensi melalui pendidikan. Orang tua
maupun lembaga pendidikan lebih banyak melakukan kegiatan yang
berorientasi pada pengembangan akademik. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru dalam
mengembangkan kreativitas anak di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh
Orchard Georgetown. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
delapan peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu:
guru sebagai pendidik, motivator, penasihat, teladan, pengajar,
pembimbing, pelatih dan pengevaluasian. 2) Upaya guru dalam
mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui proses pembelajaran
sentra yaitu: sentra IMTAQ, sentra peran, sentra bahan alam, sentra  balok, sentra persiapan dan sentra seni. 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu manajemen waktu, kondisi lingkungan, sarana prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dalam diri anak dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peran keluarga, rasa emosional anak yang berlebihan dan pengawasan guru yang terlalu ketat dalam proses pembelajaran.


Keywords


Efektivitas, Eksplorasi, Peran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9930

Article Metrics

Abstract - 173 PDF - 206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats