Analisis Efektivitas Peran Guru Dalam Membangun Proses Eksplorasi Anak Di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh Orchard Georgetown Penang
Abstract
Berkenaan dengan sistem pendidikan salah satu penyebab rendahnya
kreativitas anak ialah lingkungan yang kurang menunjang anak untuk
mengekspresikan kreativitasnya khususnya lingkungan keluarga dan
sekolah. Permasalahan ini muncul dengan banyaknya persoalan
menyangkut pengembangan potensi melalui pendidikan. Orang tua
maupun lembaga pendidikan lebih banyak melakukan kegiatan yang
berorientasi pada pengembangan akademik. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru dalam
mengembangkan kreativitas anak di Tadika Bijak Lestari Al-Fikh
Orchard Georgetown. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
delapan peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu:
guru sebagai pendidik, motivator, penasihat, teladan, pengajar,
pembimbing, pelatih dan pengevaluasian. 2) Upaya guru dalam
mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui proses pembelajaran
sentra yaitu: sentra IMTAQ, sentra peran, sentra bahan alam, sentra balok, sentra persiapan dan sentra seni. 3) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu manajemen waktu, kondisi lingkungan, sarana prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dalam diri anak dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peran keluarga, rasa emosional anak yang berlebihan dan pengawasan guru yang terlalu ketat dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i2.9930
Article Metrics
Abstract - 507 PDF - 686Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.