THE INFLUENCE OF EDUCATION LEVEL, BUSINESS CAPITAL, ENTREPRENEURIAL CHARACTERISTICS, MARKETING STRATEGIES ON BUSINESS DEVELOPMENT IN MSMES TAPE IN WRINGIN BONDOWOSO VILLAGE

Miftahul Ariefin, Muhammad Naely Azhad, Feti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut kewirausahaan, tingkat pendidikan, modal usaha, dan pendekatan pemasaran terhadap kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tape yang berlokasi di Desa Wringin Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 83 orang pelaku usaha UMKM Tape yang berada di Desa Wringin Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran survei kepada para pemilik usaha UMKM Tape yang berada di desa. Analisis yang dilakukan meliputi evaluasi kualitas data, asumsi klasik, regresi linier berganda, t dan f, serta regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari uji T menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara pengembangan usaha pada UMKM Tape di Desa Wringin Bondowoso dengan kualifikasi, modal usaha, atau strategi pemasaran. Sebaliknya, atribut kewirausahaan terlihat berpengaruh signifikan terhadap kemajuan perkembangan usaha di kalangan UMKM tape di wilayah yang sama. Sebaliknya uji F menunjukkan bahwa atribut kewirausahaan, modal usaha, tingkat pendidikan, dan strategi pemasaran mempunyai pengaruh terhadap perkembangan usaha UMKM Tape di Desa Wringin Bondowoso jika ditinjau secara kolektif.

Full Text:

PDF

References


Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Ukm Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 95–111.

Anoraga, P. (2017). Psikologi Manajemen. Bandung; Rineka Cipta

Anisa, A. & Nur Huri Mustofa. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Sketsa Bisnis, 8(2), 82–98. Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V8i2.2687

Citra, Fatimah, F, & Santoso (2020). Analisis Pengembangan Strategi Pemasaran pada Kafe Kolong dengan Menggunakan Metode SWOT. Universitas Muhammadiyah Jember : 1-8.

Fajar Istinganah, N., & Widiyanto. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Ukm. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438–455. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V9i2.39293

Fuad, K. 2015. Pengaruh Independensi, Kompetensi, dan Prosedur Audit Terhadap Tanggung Jawab Dalam Pendeteksian Fraud. Jurnal Dinamika Akuntansi, 7(1)

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.

Ibdari dan langenberg (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi Terhadap Pengangguran Terbuka dan Kemiskinan Di Kota Samarinda. EkonomikaBisnis Vol. 5 No.2 Bulan Juli Tahun 2014. Hal 173-182 , 173-182.

Listyawan, A. N. (2017). Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Machfoedz I, Suryani E. (2009).Pendidikan Kewirausahaan dari Promosi eknologi Terhadap Kinerja UMKM Yogyakarta: Fitramaya

Musa. (2019). Pengaruh Faktor Usia, Tingkat Pendidikan dan Lama Usaha Terhadap Literasi Keuangan (Studi Kasus pada Pelaku UMKM di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2)

Putri, K., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha Dan Peran Business Development Service Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Pada Sentra Industri Kerupuk Desa Kedungrejo Sidoarjo Jawa Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 313–322.

Rizky, A. I., Kusumadewi, R., & Saefulloh, E. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Pada UMKM Di Kecamatan Cigugur). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 361–376. Https://Doi.Org/10.31949/Entrepreneur.V3i1.1680

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. PT Alfabet.

Tambunan, T. (2020). Politik Ekonomi UMKM dan Pariwisata Dimasa Pandemi Covid-19. Jakarta: LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v8i2.10692

Article Metrics

Abstract - 236 PDF - 150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International