ANALISIS SWOT TERHADAP STORYNOMICS TOURISM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PARIWISATA (STUDI KASUS KAWASAN WISATA KALI CISADANE, KOTA TANGERANG, BANTEN, INDONESIA)

Raden Asri Kartini

Abstract


Lumpuhnya industri pariwisata selama hampir dua tahun pandemic Covid 19 dari tahun 2020-2021 membuat pemerintan Indonesia melakukan upaya promosi destinasi dengan cara yang unik yaitu menggunakan storynomic tourism, dengan melakukan pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi. Promosi destinasi  dengan cara unik ini mulai dilakukan pada 5 daerah tujuan wisata super prioritas tahun 2021. Dalam penelitian ini dilakukan analisis SWOT pada promosi menggunakan storynomics tourism dengan studi kasus Kawasan wisata Kali Cisadane. Metode penelitian yang digunakan diskriptif kualitatif (dengan tehnik pengumpulan data, observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi) dalam melihat storynomic tourism  sebagai strategi pemasaran destinasi dengan studi kasus kawasan wisata Kali Cisadane. Selanjutnya penelitian menggunakan analisis SWOT untuk melihat apakah strategi promosi dengan storynomic tourism bisa dilakukan untuk pemasaran destinasi kawasan wisata Kali Cisadane. Hasil analisis SWOT dilakukan adalah menyarankan penggunaan storynomics tourism Kali Cisadane sebagai alternatif promosi untuk strategi pamasaran pariwisata kota Tangerang. Strategi ini akan menimbulkan awareness dan experience dari wisatawan dan wisatawan tersebut akan menceritakan pengalaman yang ia dapat setelah membaca storynomics tourism dan berkunjung ketempat wisata tersebut.

Kata kunci: Storynomics Tourism, SWOT, Kali Cisadane


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v5i2.5639

Article Metrics

Abstract - 3691 PDF - 3049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International