DETERMINASI MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA APLIKASI TIKTOK

Humairoh Humairoh, Nofita Febriani, Mohammad Annas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak utilitas promosi TikTok dan kepercayaan konsumen terhadap niat pembelian kembali produk Garnier oleh pembeli. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, khususnya responden yang pernah membeli produk Garnier menggunakan aplikasi TikTok. sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: evaluasi statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, evaluasi regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. telah diambil catatan penggunaan alat kuisioner dengan skor skala Likert 1-5 dan dianalisis menggunakan program software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial telah terjadi pengaruh yang bagus dan besar diantara variabel aplikasi promosi TikTok terhadap niat beli ulang dengan t hitung 4,409 > t tabel 1,984 dan biaya kepentingan 0,000 < 0,05, kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang dengan t hitung 4,723 > t tabel 1,984, dan biaya signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis jalur secara simultan menunjukkan bahwa promosi aplikasi tiktok dan kepercayaan konsumen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang dengan F hitung 71,514 > F tabel 3,09 dan biaya signifikan 0,000 < 0,05. berdasarkan uji determinasi, hasilnya adalah 59,60%. dengan demikian, kontribusi merchandising aplikasi Tiktok dan kepercayaan pelanggan dalam minat pembelian kembali menjadi 59,60%, sementara 40,40% terakhir didorong oleh variabel lain yang belum diuji.

                                                                                                                      


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. C.V. Alfabeta.

Amadea, A., & Herdinata, C. (2022). Pengaruh E-Trust Dan Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Pada E-Commerce Shopee. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 14(2), 123–132. https://doi.org/10.37477/bip.v14i2.354

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.759

Armilawati, N. L. P. D. (2020). The Effect of Online Shopping Experience on Risk Perception and Trust for Building Online Repurchase Intention. International Journal of Contemporary Research and Review, 11(5). https://doi.org/10.15520/ijcrr.v11i05.805

Buntarman, C., & Rodhiah, R. (2022). Pengaruh Ease of Use, Trust, dan Privacy Concern terhadap Repurchase Intention pada Situs Jual Beli Online Bukalapak. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 301. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18223

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Halim, E., Hebrard, M. T., Laurent, C., & Kurniawan, Y. (2022). The Impact of Customer Satisfaction and Customer Trust to Repurchase Intention in Purchasing Digital Product at the Marketplace. 2022 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA). https://doi.org/10.1109/isitia56226.2022.9855299

Harita, H. T. S., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing TikTok (Studi pada pengguna aplikasi Tiktok di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/JEKOMBITAL/article/view/309

Islamiyah, N., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada pengguna E-commerce Shopee Mahasiswa Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8351

Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa. Ghalia Idonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (Global). Pearson.

Laosuraphon, N., & Nuangjamnong, C. (2022). Factors affecting customer satisfaction, trust, and repurchase intention towards online streaming shopping in Bangkok, Thailand A Case Study of Facebook Streaming Platform. AU-HIU e-Journal, 2(2), 48–61.

Leonnard, S., Comm, M., & Thung, F. (2017). The relationship of service quality, word-of-mouth, and repurchase intention in online transportation services. Journal of Process Management. New Technologies, 5(4), 30–40. https://doi.org/10.5937/jouproman5-152

Liang, L. J., Choi, H. C., & Joppe, M. (2018). Exploring the relationship between satisfaction, trust and switching intention, repurchase intention in the context of Airbnb. International Journal of Hospitality Management, 69, 41–48. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2017.10.015

Manullang, F. A., & Heryenzus, H. (2022). Pengaruh Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online PT Great Seasons Travel. ECo-Buss, 5(1), 362–374. https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.494

Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Promosi TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding. http://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/441

Mawadah, N., & Ulfatun, T. (2022). Pengaruh Media Promosi Tiktok Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pada Bakso Sera Simo Boyolali. eprints.ums.ac.id. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105021

Munte, Y. S., Ginting, P., & Sembiring, B. K. F. (2022). The Influence of Trust and Sales Promotion on Repurchase Intention Through Consumer Satisfaction in Doing Online Shopping in Medan City. International Journal of Research and Review, 9(8), 318–337. https://doi.org/10.52403/ijrr.20220826

Nilasari, R. (2019). Pengaruh Trust Dan E-Service Terhadap Repurchase Intention Bagi Pengguna Aplikasi Shopee. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 755. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p20

Nisa, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Berbelanja Online Di Instagram (Studi Empiris Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). World Development, 1(1), 1–15. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62047

Nurkhasanah, S., & Mahmud, M. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Online Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JMDB/article/view/6907

Prakoso, W., & Dwiyanto, B. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen Rown Division Di Kota Solo. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Prasetyo, A. N., & Yusran, H. L. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce. Ijd-Demos, 4(1). https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.193

Priambodo, D. A., & Farida, N. (2020). Pengaruh E-Website Quality dan E-Service Quality terhadap E-Repurchase Intention melalui E-Trust (Studi pada Konsumen produk fashion Lazada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 335–344. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28113

Rahmania, M. A., & Wahyono, W. (2022). Interaction of E-Service Quality, Experiential Marketing, Trust, and Satisfaction on Repurchase Intention. Management Analysis Journal, 11(1), 71–82. https://doi.org/10.15294/maj.v11i1.54279

Saffira, L., & Rahmawan, G. (2022). Perilaku Penggunaan Tik Tok Sebagai Media Promosi Pebisnis. Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 717–723. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/ekuitas/article/view/1451

Seyed Alireza Mosavi. (2012). Role of perceived value in explaining trust and repurchase intention in e-shopping. African Journal of Business Management, 6(14), 4910–4920. https://doi.org/10.5897/ajbm11.2276

Singarimbun, I. M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Online, Kemudahan Penggunaan dan Promosi Online Terhadap Minat Pembelian Ulang Pemesanan Tiket Pesawat. Repository.Mercubuana.Ac.Id. https://repository.mercubuana.ac.id/62253/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sustaningrum, R. (2020). Peran Gender dan Perceived Risk Pada Pengaruh Trust Terhadap Online Repurchase Intention: A Moderated Mediation Analysis. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 396. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2528

Tataningtyas, L., & Tjahjaningsih, E. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi E-Trust Serta Dampaknya Pada Repurchase Intention. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 55–67. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i1.616

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (I). CV. Andi Offset.

Wijayajaya, H. R., & Astuti, S. R. T. (2018). The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3182

Yasih, Y., & Arafah, W. (2022). Pengaruh Brand Leadership terhadap Trust, Satisfaction and Repurchase Intention pada Brand Fashion di Platform E-Commerce. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2899–2910. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.771

Zayyan, S., & Saino. (2021). The effect of using the tik tok application as a promotional medium and the glow up trend on interest in buying beauty products. Jurnal Manajemen, 13(2),

Zhang, X., & Wang, T. (2021). Understanding purchase intention in O2O E-Commerce: The effects of trust transfer and online contents. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(2), 101–115. https://doi.org/10.4067/S0718-18762021000200107




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7440

Article Metrics

Abstract - 5681 PDF - 4753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International