PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GO-FOOD

Imam Syaiqoni, Feti Fatimah, Jekti Rahayu

Abstract


Kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, misalnya mempermudah interaksi, berbagi informasi dan membuat orang semakin mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya. Perusahaan yang memanfaatkan peluang ini adalah Gojek, melalui fitur layanan Go-Food yang ada dalam aplikasinya pengguna dapat memesan makanan yang mana nanti akan diantar oleh kurir. Peneliti bermaksud untuk mengukur pengaruh dari persepsi mudah, manfaat, dan nyaman terhadap keputusan penggunaan. Data yang didapat melalui penyebaran kuisioner melalui Google Form. Teknik pengampilan sampel menggunakan rumus Slovin dan didapat hasil 95 responden dengan kriteria mempunyai aplikasi Gojek dan pernah menggunakan Go-Food. Metode pendekatan bersifat kuantitatif dengan uji regresi linear berganda. Hasil menyatakan keputusan penggunaan Go-Food dipengaruhi oleh persepsi kemudahan, kemanfaatan dan kenyamanan.


Full Text:

PDF

References


Bangkara, R. P., & Mimba, N. P. S. H. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use pada Minat Penggunaan Internet Banking dengan Attitude Toward Using sebagai Variabel Intervening Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2408–2434.

Budhiharjo, Sari Intan dan Febriana, H. (2020). Pengaruh Promosi E-Payment Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen). Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 5(2), 1–9. https://www.onesearch.id/Author/Home?author=BUDHIARJO%2C+INTAN+SARI

Databoks (2022). (n.d.). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/riset-grabfood-kalah-populer-dibandingkan-gofood-dan-shopeefood#

Davis, F. . (2019). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Technology. Journal of MIS Quarterly.

Dirwan. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323–332.

Duarte, P., Silva, S.C., & Ferreira, M. B. (2018). How convenient is it? Delivering online shopping convenience to enhance customer satisfaction and encourage e-WOM. Journal of Retailing and Consumer Services 44 (2018) 161–169.

Fandi, T. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hendra, J., & Iskandar R, A. (2016). Aplikasi Model TAM Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kantor Bank Jatim Cabang Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss.

https://newsroom.gojek.com. (n.d.). https://newsroom.gojek.com

Novindra, N. P. B., & Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacy Pada Minat Penggunaan E-Spt. E-Jurnal Akuntansi, 19, 1116–1143.

Nurjanah, S., Fatimah, F., & Rozi, A. F. (2022). Pengaruh Marketing Mix Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(2), 23–43. http://jurnal.itsm.ac.id/index.php/relasi/article/view/581%0Ahttp://jurnal.itsm.ac.id/index.php/relasi/article/download/581/537

Philip Kotler, K. L. K. (2016). Marketing Management (New Jersey). Pearson Prentice Hall, Inc.

Prayitno, T. H. (2016). Review Article the Effect of Price Perception and Convenience Online Shopping Towards. International Journal of Recent Advances in Multidisciplinary Research, 03(12), 2086–2091.

Rahmatsyah, D. (2016). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan produk baru (studi kasus: uang elektronik kartu Flazz BCA). Tesis. Universitas Indonesia.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100

Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Rusminah, R., & Hilmiati, H. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Layanan Aplikasi Gofood. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 87–98. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.158

Tjini, S. S. A., & Baridwan, Z. (2016). Kemudahan , dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking. Journal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnid, 01(01), 1–21.

Venkatesh, V. 2016. (2016). Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model. Information Systems Research, Vol. 11, No. 4, Pp. 342–365.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7582

Article Metrics

Abstract - 1232 PDF - 1102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International