PENGARUH BERMAIN AKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD AISIYAH PORIS
Abstract
Setiap anak pasti memiliki pertumbuhan serta perkembangan yang berbeda – beda, sehingga anak sering disebut memiliki pribadi yang unik. Perkembangan anak akan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya masing – masing yang juga dipengaruhi oleh kesiapan anak untuk diberikan rangsangan atau stimulus. Di Indonesia terutama anak dibawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum yang meliputi perkembangan motorik kasar dan halus, bahasa, sosial, emosional, dan kognitif. Tujuan : untuk mengetahui adanya pengaruh bermain aktif terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-5 tahun di Paud Aisiyah Poris. Metode : Desain penelitian ini adalah one group pre test post test without control dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasinya semua anak murid di Paud Aisiyah Poris berjumlah 40 orang. Tehnik sampling menggunakan puposive sampling dengan sampelnya sejumlah 17 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar DDST II dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan Wilcoxon Match Pair Test. Hasil : menggunakan uji Non Parametrik Wilcoxon Match Pair Test diperoleh Asmp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (nilai p value) <0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada Pengaruh Bermain Aktif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun di Paud Aisiyah Poris. Saran : Penelitian ini diharapkan bisa menjadi sebuah bahan acuan bagi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran anak serta dapat mengetahui dampak pada anak yang kurang stimulasi perkembangan motorik halusnya, dan dapat sebagai bahan penyuluhan tentang perkembangan motorik halus anak usia prasekolah, agar anak usia prasekolah tidak mengalami keterlambatan stimulasi motorik halus dengan aplikasi terapi bermain aktif dengan kolase terhadap perkembangan motorik halus anak.
Kata Kunci: bermain aktif; perkembangan motorik halus; anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Arie Paramitha, M. V., & Sutapa, P. (2019). "Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun". Jurnal Golden Age, volume 3(hlm. 1-16).
Aulina, C. N. (2020). "Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus" volume 21.Sidoarjo: Umsida Press.
Dewi, A. S. (2021). "Pengaruh Penggunaan Website Brisik.Id Terhadap Peningkatan Aktivitas Jurnalistik Kontributor". Jurnal KomunikA, volume 17 (hlm. 1-14).
Dharma, K. K. (2011). "Metodologi Penelitian Keperawatan (pedoman melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian)". Jakarta: Trans Info Media.
Dinas Pendidikan. (2021). "Jumlah Penduduk Sekolah Berdasarkan Usia 0-6 Tahun", https://opendata.bantenprov.go.id/dataset/jumlah-penduduk-sekolah-berdasarkan-usia-0-6-tahun?view_id=28bf9fb4-65a2-4378-a791-beac78cf789, diakses pada 22 Januari 2023 pukul 10.23.
Fandy. (2021). "Hipotesis Penelitian : Pengertian, Jenis, dan Cara Penyusunannya", https://www.gramedia.com/literasi/hipotesis-penelitian/, diakses pada 1 Maret 2023 pukul 20.01.
Fitriyah, N., Yessie Nur E., Iit Ermawati. (2023). "Pengaruh Bermain Aktif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun Di Paud Lestari Desa Tegalbangsri Lumajang". Jurnal Ilmiah Obsgin, volume 15(hlm. 32-38).
Habibah, L. N., Wahyoni I. (2020). "Metode Bermain Air Outdoor Dalam Mengoptimalkan Fisik Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Darul Amin Sempu". Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, volume 1(hlm. 79-88).
Krisnan. (2021). "20 Permainan Sederhana Untuk Melatih Motorik Halus Anak", https://meenta.net/melatih-motorik-halus-anak/, diakses pada 27 Februari 2023 pukul 19.20.
Kusnandar, V. B. (2021). "Anak Usia Dini di Indonesia Capai 30,83 Juta pada 2021", https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/anak-usia-dini-di-indonesia-capai-3083-juta-pada-2021, diakses pada 23 Januari 2023 pukul 12.16.
Kuswanto, H. A. (2022). "Pengaruh Terapi Bermain Papercraft Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun". Jurnal Keperawatan, volume14(hlm. 1009-1016).
Nardina, E. A., Etni Dwi Astuti Suryana Wanodya Hapsari, Laeli Nur Hasanah, Rina Simanjuntak, Niken Bayu Argaheni, Maria Tarisia Rini (2021). "Tumbuh Kembang Anak", Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Nolita, W., & Wulandari, N. (2021). "Jurnal Kesehatan As-Shiha Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu tentang Pentingnya Pemeriksaan Denver Development Screening Test ( DDST di Posyandu Wilayah Kerja". Jurnal Kesehatan As-Shiha Avalilable, (hlm. 68–81).
Nurfadilah, N., Nurmalina, N., & Amalia, R. (2020). "Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota". Journal on Teacher Education, volume 2(hlm. 224–230).
Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2021). "Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dalam Persiapan Menulis Melalui Kegiatan Kolase". Jurnal Mentari, volume 1(hlm. 69–78). Sriwahyuni, Sulasri, Patabang, I. (2020).
"Efektivitas Pemberian Alat Permainan Edukatif Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di TK Frater Bakti Luhur Makassar". Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, volume 09(hlm. 59–64).
Primayana, K. H. (2020). "Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini". Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, volume 4(hlm.91–100).
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). "Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil". Jurnal Ilmiah Potensia, volume 4 (hlm. 131–140).
Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). "Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun". Wellness And Healthy Magazine, volume 2(hlm. 121–126).
Puspitasari, B. (2019). "Gambaran Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 3-5 Tahun Di Posyandu 1 Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung". Jurnal Kebidanan, volume 8(hlm. 110–115).
Putri, R., Maghfiroh, Jumiatmoko, R., Hafidah, & Eka Restu Iriani, Kezia Irene Joseph. Meliana Oloan Makdalena, Kiki Amanda Fatmawati, Fista Magdalin, Gusti Melinda (2021). "Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak Melalui Ddst Ii Di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Duri Kepa Jakarta Barat 2019". Prossiding Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021. (hlm. 17–22).
Sri, A. (2021). "Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini". Jurnal An-nur : Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, volume 7 (hlm. 230–238).
Suparyanto dan Rosad. (2020). "Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Permainan Playbox". Journal of Comprehensive Science, volume 5 (hlm. 248–253).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v7i1.12310
Article Metrics
Abstract - 2379 PDF - 1593DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v7i1.12310.g5519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elang Wibisana
JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © View My Stats