Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Tugas Akhir
Abstract
Tugas akhir adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun banyak mahasiswa mengalami ketidaksiapan menghadapi tugas akhir sehingga menimbulkan kecemasan. Salah satu komponen yang berperan dalam meningkatkan ketahanan dan kesehatan mental yaitu dengan self-compassion. Self-compassion merupakan sikap peduli terhadap diri sendiri dalam menghadapi kesulitan atau kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan kecemasan pada siswa yang sedang menyusun tugas akhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian berjumlah 181 yang terdiri dari 4 mahasiswa program studi angkatan 2021 yang sedang menyusun tugas akhir di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang dengan jumlah sampel sebanyak 125 mahasiswa dengan teknik proporsional cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen Self-Compassion Scale (SCS) untuk mengukur self-compassion dan Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) untuk mengukur kecemasan. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment . Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dengan kecemasan (r = -0,674, p < 0,001), yang berarti semakin tinggi self-compassion , maka akan semakin rendah terjadinya kecemasan. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara self-compassion siswa laki-laki dan perempuan (t = 4,279, p < 0,001), dengan nilai mean 93,174 untuk siswa laki-laki dan 77,174 untuk siswa perempuan. Peningkatan self-compassion dapat membantu mengurangi kecemasan pada siswa yang sedang menyusun tugas akhir. Oleh karena itu, institusi pendidikan disarankan untuk merancang program yang mendukung pengembangan self-compassion dikalangan siswa, agar meningkatkan kesejahteraan mental selama penyusunan tugas akhir.
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.art.p241-250
Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-Zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Awareness Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 107. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.13201.2022
Amaranggani, A. P., Prana, T. T., Arsari, N. M. C. D., Surbakti, A. M., & Rahmandani, A. (2021). Self-Compassion dan Negative Emotional States Pada Mahasiswa Kedokteran Umum: Hubungan dan Prevalensi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), 215–230. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1623
Andiany, H., & Khairun, D. (2024). Self Compassion Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fkip Untirta. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 7–16. http://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus
Aswandi, A. (2022). Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Kecemasan Sosial Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bahri, M., Kholidin, F. I., & Yandri, H. (2024). The impact of self compassion and emotion regulation on social anxiety in college students Marlistiani Bahri, Farid Imam Kholidin, Hengki Yandri. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 65–76.
Bukit, E. br, & Widodo, Y. H. (2022). Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta. Jurnal of Courseling and Personal Development, 4(1), 44–49. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/solution/index
Diah, D. N., Lubis, F. Y., Witriani, W., Psikologi, F., & Padjadjaran, U. (2020). Efek Moderasi Resiliensi terhadap Hubungan antara Perfeksionisme dengan Kecemasan Mengerjakan Skripsi Perfectionism and Anxiety in Working on Mini Thesis. 6(2), 178–190. https://doi.org/10.22146/gamajop.55349
Eryılmaz, A., Kurtulus, H. Y., & Yıldırım, M. (2024). A cross-sectional and longitudinal study on the mediation effect of positive and negative affects in the relationship between self-compassion and resilience in early adolescents. In Children and Youth Services Review. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107669
Fariza, Y. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Akhir Dalam Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19 [Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. In Unissula Institussional Repository (Issue Januari). http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26983
Harsono. (2008). Pengelolaan Perguruan Tinggi. Pustaka Pelajar.
Karinda, F. B. (2020). Belas kasih diri (self compassion) pada mahasiswa. Cognicia, 8(2), 234–252. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i2.11288
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2022 (F. Sibuea (ed.)). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Neff, K. (2003a). The Development and Validation of a Scale to Measure Self-Compassion. Self and Identity, 2, 223–250. https://doi.org/10.1080/15298860309027
Neff, K. (2003b). The Relational Compassion Scale: Development and Validation of a new self rated Scale for the Assessment of Self Other Compassion. Self and Identity, 2(3), 223–250. https://doi.org/10.1080/15298860390209035
Neff, K. (2011). Self-Compassion: The Proven Power Of Being Kind To Yourself. In Harper Collins Publisher. Harper Collins.
Neff, K. D. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2010.00330.x
Neff, K. D., Tóth-Király, I., Yarnell, L. M., Arimitsu, K., Castilho, P., Ghorbani, N., Guo, H. X., Hirsch, J. K., Hupfeld, J., Hutz, C. S., Kotsou, I., Lee, W. K., Montero-Marin, J., Sirois, F. M., de Souza, L. K., Svendsen, J. L., Wilkinson, R. B., & Mantzios, M. (2019). Examining the factor structure of the Self-Compassion Scale in 20 diverse samples: Support for use of a total score and six subscale scores. In Psychological Assessment (Vol. 31, Issue 1, pp. 27–45). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/pas0000629
Nevid, J. s, Beverly, S. a R., & Greene. (2003). Psikologi Abnormal. Erlangga.
Nurpratiwi, H. (2021). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954
Pérez-Aranda, A., García-Campayo, J., Gude, F., Luciano, J. V., Feliu-Soler, A., González-Quintela, A., López-del-Hoyo, Y., & Montero-Marin, J. (2021). Impact of mindfulness and self-compassion on anxiety and depression: The mediating role of resilience. International Journal of Clinical and Health Psychology, 21(2). https://doi.org/10.1016/j.ijchp.2021.100229
Prabawa, A. F. (2022). Psychological Well-Being Dan Self-Compassion Mahasiswa Di Mahad IAIN Salatiga. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 70–80.
Putri, Q. A. S. (2019). Hubungan Self-Compassion Dengan Loneliness (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. In Skripsi. http://repository.uin-suska.ac.id/24799/1/without bab 4 %2B lampiran.pdf
Ramadhan, A. F. (2019). Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal Dengan Tingkat Akhir Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Universitas Lampung.
Sartika, M., Naraha, H. C., & Afiati, N. S. (2024). Self-Compassion Sebagai Upaya Mengasihi Diri : Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Jenis Perguruan Tinggi. 250, 190–200.
Spitzer RL, Kroenke K, Williams JW, & Löwe B. (2006). A brief measure for assessing Generalized Anxiety Disorder: The GAD-7. Archives of Internal Medicine, 166(10), 1092–1097.
Stuart, G. . (2013). Principle and Practice of Psikatric Nursing (S. Louis (ed.); 9th ed.). Mosbytle.
Stuart, G. W., Kapoh, R. P., & Yudha, E. K. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa (5th ed.). EGC.
Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760
Tóth-Király, I., & Neff, K. D. (2021). Is Self-Compassion Universal? Support for the Measurement Invariance of the Self-Compassion Scale Across Populations. Assessment, 28(1), 169–185. https://doi.org/10.1177/1073191120926232
Vanessa, S. R., & Ferdian, F. R. (2023). PREDIKSI SELF-COMPASSION TERHADAP PSYCHOLOGICAL DISTRESS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. : : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(Mei), 14–18.
Wilianaza, L. N., & Suhana. (2023). Pengaruh Self Compassion terhadap Kecemasan Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 697–704. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7313
World Health Organization. (2023). Anxiety Disorders. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/anxiety-disorders
Yarnell, L. M., Neff, K. D., Davidson, O. A., & Mullarkey, M. (2019). Gender Differences in Self-Compassion: Examining the Role of Gender Role Orientation. Mindfulness, 10(6), 1136–1152. https://doi.org/10.1007/s12671-018-1066-1
Yudhianto, K. A. (2023). Peran Self Compassion Terhadap Kecemasan Pada Siswa Smk Kelas 3 Yang Menghadapi Ujian Akhir Kelulusan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5110/http
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v8i1.13917
Article Metrics
Abstract - 96 PDF - 209DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v8i1.13917.g6249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International License
JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © View My Stats