Cyberbullying dan Kecemasan Remaja: Sebuah Studi Deskriptif
Abstract
Latar belakang: Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri dimana rentan terhadap kecemasan. Salah satu faktor eksternal yang berkaitan dengan kecemasan remaja pada era penerapan teknologi modern, yaitu Cyberbullying. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara cyberbullying dan tingkat kecemasan pada remaja di SMA Negeri 19 Kabupaten Tangerang. Metode: Desain penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI yang sekolah di SMA N 19 Kabupaten Tangerang, menggunakan teknik probablility sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 220 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner cyberbullying and Online Aggression Survey dan kuisioner Zsar – S (Zung Self Anxiety Rating – Scale) Hasil: Remaja dengan risiko rendah sebagai korban cyberbullying memilki tingkat kecemasan rendah sebanyak 70.4 %. Terdapat hubungan antara Cyberbullying dan Tingkat Kecemasan pada remaja. Simpulan: Remaja dengan risiko rendah menjadi korban cyberbullying memilki tingkat kecemasan rendah, dan remaja dengan risiko tinggi menjadi korban cyberbullying memiliki tingkat kecemasan tinggi. Saran: Diharapkan agar pihak sekolah, termasuk perawat sekolah dapat memahami pentingnya mencegah cyberbullying untuk mencegah kecemasan pada remaja.
Kata Kunci: Cyberbullying; Remaja; Tingkat Kecemasan
Full Text:
Ulfianasari.PDFReferences
Elon, Y., Malinti, E., Sihombing, R. M., Rukmi, D. K., Tandilangi, A. A., Rahmi, U., Damayanti, D., Manalu, N. V., Koerniawan, D., & Winahyu, K. M. (2021). Teori dan Model Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.
Fahy, A. E., Stansfeld, S. A., Smuk, M., Smith, N. R., Cummins, S., & Clark, C. (2016). Longitudinal associations between cyberbullying involvement and adolescent mental health. Journal of Adolescent Health, 59(5), 502-509.
Gail W Stuart. (2013). Buku Saku Keperawatan Jiwa. EGC.
Kemenkes. (2021). Angka Gangguan Kecemasan Naik 6,8 persen selama Pandemi. Antara. https://www.antaranews.com/berita/2444893/kemenkes-angka-gangguan-kecemasan-naik-68-persen-selama-pandemi
Kemenkes. (2019). Infoundation Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. In Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (p. 12). https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/InfoDatin-Kesehatan-Jiwa.pdf
Khoirunnisa, M. L., Maula, L. H., & Arwen, D. (2018). Hubungan Tindakan Bullying Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Pgri 1 Tangerang. Jurnal JKFT, 3(2), 59. https://doi.org/10.31000/jkft.v3i2.1286
Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA Cilacap, 3. http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858
Patch, J. W. (2015). Cyberbullying dan Survei Agresi Online. 18(2017), 51–62.
Patchin, Hinduja, Afriana, Vaaland, Roland, & Fieled. (2018). Cyberbullying & Body Shaming. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Report-U, U. (2021). Korban Cyberbullying Makin Meningkat di Kalangan Remaja. https://techno.okezone.com/read/2021/10/04/54/2481131/korban-cyberbullying-makin-meningkat-di-kalangan-remaja
Restu Yogi Fahlevi, Ah Yusuf, and I. K. (2020). Fundamental And Management Hubungan Cyberbullying dengan Kecemasan Sosial dan Penarikan. 3(2).
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Setyowati, A., Chung, M. H., & Yusuf, A. (2019). Development of self-report assessment tool for anxiety among adolescents: Indonesian version of the zung self-rating anxiety scale. Journal of Public Health in Africa, 10(S1), 14–18. https://doi.org/10.4081/jphia.2019
Silalahi, L. E., Rahayu, D. Y. S., Winahyu, K. M., Dewi, S. U., Tasik, J. R., Kadang, Y., Rosita, R., Pangaribuan, S. M., Fruitasari, M. F., & Doloksaribu, T. M. (2022). Pengantar Keperawatan Keluarga. Yayasan Kita Menulis.
Suryaatmaja, D. J. C., & Wulandari, I. S. M. (2020). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Remaja Akibat Pandemik Covid-19. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 820–829. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.3131
Tripriantini, S. I. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Siswa Sma Korban Cyberbullying di SMA Negeri 27 Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 7(2), 11–19.
Triyono, & Rimadani. (2019). Dampak Cyberbullying di Media Sosial pada Remaja dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling, 1(1), XX–XX. https://doi.org/10.24036/0096kos2019
WHO. (2017). Depression and other common mental disorders: Global health estimates. Geneva.
WHO. (2018). Infoundation Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.
Zung, W. W. (1971). A rating instrument for anxiety disorders. Psychosomatics: Journal of Consultation and Liaison Psychiatry.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6939
Article Metrics
Abstract - 2462 Ulfianasari.PDF - 4711DOI (Ulfianasari.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6939.g3630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)
JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © View My Stats