Pengaruh Dua Sijiwa terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru tentang Penentuan Status Gizi Siswa

Firnaliza Rizona, Yeni Anna Appulembang, Fuji Rahmawati, Aqilla Fadila, Nurros Mei, Dwi Sukarti

Abstract


Obesitas pada anak usia sekolah terus mengalami peningkatan. Sekolah memiliki peran yang besar dalam pencegahan terjadinya peningkatan berat badan anak, salah satunya dengan melakukan deteksi dini obesitas melalui pengukuran status gizi siswa. Akan tetapi rendahnya pengetahuan guru tentang cara mengukur status gizi siswa menjadi kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan guru tentang cara menilai status gizi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah guru sekolah dasar, responden pada penelitian ini berjumlah 20 guru. Pendidikan kesehatan berupa diskusi kelompok kecil dengan bantuan panduan penilaian status gizi siswa yang telah dikembangkan oleh peneliti. Pemilihan sample dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan guru setelah dilakukan intervensi dari 6.2 menjadi 8.9. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value 0.002. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap nilai pengetahuan guru tentang penilaian status gizi siswa. Peningkatan pengetahuan guru melalui pendidikan kesehatan tentang cara penilaian status gizi siswa sangat diperlukan sebagai langkah awal deteksi dini anak mengalami ketidaknormalan status gizi.


Full Text:

Rizona.PDF

References


OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MEDAN. Jurnal Kesehatan, 13(1), 14-20.

Daniels SR.(2009). Complications of obesity in children and adolescents. International Journal of Obesity. 60-5

Ginanjar WG. (2009). Obesitas pada Anak. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(2012).Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Kegemukan dan Obesitas pada Anak Sekolah.

Muhammad, H. F. L. (2018). Pemanfaatan sekolah sebagai sarana pencegahan obesitas sejak dini pada remaja. Journal of Community Empowerment for Health, 1(2), 107-114.

Rahmawati E.I, Soetopo H, dan Maisyaroh. (2015). Manajemen usaha kesehatan sekolah. [skripsi]. Malang: Universitas Negeri Malang

Riskesdas. (2018). Data Prevalensi Obesitas Tahun 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar.

Riyadi, S., & Ferianto, F. (2021). Efektivitas Promosi Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Masyarakat Memberantas Sarang Nyamuk di Yogyakarta. BALABA: JURNAL LITBANG PENGENDALIAN PENYAKIT BERSUMBER BINATANG BANJARNEGARA, 83-92.

Rizona, F., Adhisty, K., & Rahmawati, F. (2019). Efektifitas Edukasi Tentang Jajanan Sehat Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa Overweight. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), 1-13.

Rizona, F., Adhisty, K., & Rahmawati, F. (2020). Pengaruh Model Dreall Healthy terhadap Peningkatan Sikap Anak Obesitas tentang Sedentary Life Style. Jurnal Keperawatan, 12(1), 71-78.

Sefrina, L. R., & Elvandari, M. Pelatihan Penilaian Status Gizi pada Guru dalam Rangka Deteksi Siswa Stunting di Sekolah Dasar. Dharmakarya; 2020 : 9(1), 4-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6941

Article Metrics

Abstract - 213 Rizona.PDF - 202

DOI (Rizona.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v6i1.6941.g3676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118