PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU MENGAJAR

Yanuardi Yanuardi, Rachmat Destriana, Syepry Maulana Huasin, Hengki Rusdianto, Andiny Layina

Abstract


Aspek pendidikan memerlukan penyesuaian sehingga tidak tertinggal dari perkembangan teknologi, terutama pada sistem mengajar di sekolah. Teknologi Augmented Reality (AR) mengubah metode mengajar menjadi lebih baik. Kemampuannya   dalam    menggabungkan   multimedia   dengan   dunia   nyata meberikan efek ketertarikan siswa dalam mengenalnya. Matematika terkhusus bangun ruang memerlukan bahan ajar yang tepat sehingga dapat diserap dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Insan Mulia. Penelitian ini menggunakan metode SWOT dalam menganalisa sistem serta extreme programming untuk metode pengembangan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SDLB Insan Mulia  dengan  membantu  siswa  dalam memahami materi secara visual dan interaktif.

Full Text:

PDF

References


Anggara, M R., Azizah, N., & Kustiawan, I. (2020, May 1). Utilization of augmented reality technology as a learning media for early childhood. , 850(1), 012001-012001. https://doi.org/10.1088/1757-899x/850/1/012001

Anwar, T L H. (2022, December 7). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang.

https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/viewFile/3637/PDF

Annisa Nidaur Rohmah. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar), journal.stitaf.ac.id

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf Development of Biology Learning Media Using Augmented Reality (AR)

Astutik, L S., Diantoro, M., & Kusairi, S. (2020, December 29). Media Sistem Peredaran Darah Hewan dan Manusia Dilengkapi Augmented Reality Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1812-1812. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14343

Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis (1st ed.). Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Balsamiq – Pengertian Balsamiq Mockup – Sabtu, 17 Agustus 2019 –

Costa, C., Manso, A., & Patrício, J. (2020, February 26). Design of a Mobile Augmented Reality Platform with Game-Based Learning Purposes. https://doi.org/10.3390/info11030127

Damara, M A., Kustiono, K., & Sukirman, S. (2018, April 30). Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality. Indonesian Journal of Curricullum and Educational Technology Studies, 6(1), 33-40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.21213

DEWI, L R., & Anggaryani, M. (2020, July 3). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Dengan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Alat Optik. IPF Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 369-376.https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p369-376

Damayanti, D., & Magdalena, I. (2021). “Jago Mendesain Pembelajaran” (Untuk Guru Sekolah Dasar). Guepedia

Dermawan, O. (n.d.). Strategu Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusu di SLB.

Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020, January 1). The Effectiveness of the Augmented Reality-Based Learning Media Application on Student’s Interests and Learning Outcomes of Science Subject at Elementary Schools. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.260

Fajri, R. R., Hambali, P., & Rahayu, W. I. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Dan Share Promo Produk Kepada Pelanggan Dari Website Ke Media Sosial Berbasis Desktop. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Fitriani Eka Saputri , Muhsinah Annisa , Dedi Kusnandi (2018). Pengembangan MEDIA Media Pembelajaran IPA Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, Vol. 6. No.1 Juli-Desember 2018.

Huang, T. (2017, November 6). Seeing creativity in an augmented experiential learning environment. https://doi.org/10.1007/s10209-017-0592-2

Kholisho, Y N., Marfuatun., & Lutfi, S. (2020, May 1). The Development Of Augmented Reality For Hardware Introduction For SDU Hamzanwadi Students. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012009

Madhavi, V., Anggraena, Y., & Valentino, E. (2019). Jelajah Matematika 6 SD/MI Kelas VI (2nd ed.; M. Ali & A. R.K., Eds.). Yudhistira.

Pharausia, T V., Afirianto, T., & Amalia, F. (2021, December 7). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ. Fountain of Informatics Journal, 7(1), 38-38. https://doi.org/10.21111/fij.v7i1.6432.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, N. L. I. (2012). Asyiknya Belajar Bangun Ruang dan Sisi Datar. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Savela, N., Oksanen, A., Kaakinen, M., Noreikis, M., & Xiao, Y. (2020, February 19). Does Augmented Reality Affect Sociability, Entertainment, and Learning? A Field Experiment. https://doi.org/10.3390/app10041392

Sari, A K., Ningsih, P R., Ramansyah, W., Kurniawati, A., Siradjuddin, I A., & Sophan, M K. (2020, January 23). Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Metaverse. Panrita Abdi, 4(1), 52-52. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7620

Sutresna, J., Yanti, F., Eka Safitri, A., Raya Puspitek, J., Pamulang, K., & TangerangSelatan - Banten, K. (n.d.). Media Pembelajaran Matematika Pada Usia DiniMenggunakan Augmented Reality.

Technology Based Android in the Concept of NervousSystems: Vol. VIII (Issue 2). Cetak. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A. Jarot, Ed.). Kata Pena.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Wu, H K., Lee, S W Y., Chang, H., & Liang, J C. (2013, March 1). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41-49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i2.10267

Article Metrics

Abstract - 94 PDF - 107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING