PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU MENGAJAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggara, M R., Azizah, N., & Kustiawan, I. (2020, May 1). Utilization of augmented reality technology as a learning media for early childhood. , 850(1), 012001-012001. https://doi.org/10.1088/1757-899x/850/1/012001
Anwar, T L H. (2022, December 7). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang.
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/viewFile/3637/PDF
Annisa Nidaur Rohmah. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar), journal.stitaf.ac.id
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf Development of Biology Learning Media Using Augmented Reality (AR)
Astutik, L S., Diantoro, M., & Kusairi, S. (2020, December 29). Media Sistem Peredaran Darah Hewan dan Manusia Dilengkapi Augmented Reality Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1812-1812. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14343
Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis (1st ed.). Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Balsamiq – Pengertian Balsamiq Mockup – Sabtu, 17 Agustus 2019 –
Costa, C., Manso, A., & Patrício, J. (2020, February 26). Design of a Mobile Augmented Reality Platform with Game-Based Learning Purposes. https://doi.org/10.3390/info11030127
Damara, M A., Kustiono, K., & Sukirman, S. (2018, April 30). Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality. Indonesian Journal of Curricullum and Educational Technology Studies, 6(1), 33-40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.21213
DEWI, L R., & Anggaryani, M. (2020, July 3). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Dengan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Alat Optik. IPF Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 369-376.https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p369-376
Damayanti, D., & Magdalena, I. (2021). “Jago Mendesain Pembelajaran” (Untuk Guru Sekolah Dasar). Guepedia
Dermawan, O. (n.d.). Strategu Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusu di SLB.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020, January 1). The Effectiveness of the Augmented Reality-Based Learning Media Application on Student’s Interests and Learning Outcomes of Science Subject at Elementary Schools. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.260
Fajri, R. R., Hambali, P., & Rahayu, W. I. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Dan Share Promo Produk Kepada Pelanggan Dari Website Ke Media Sosial Berbasis Desktop. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Fitriani Eka Saputri , Muhsinah Annisa , Dedi Kusnandi (2018). Pengembangan MEDIA Media Pembelajaran IPA Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, Vol. 6. No.1 Juli-Desember 2018.
Huang, T. (2017, November 6). Seeing creativity in an augmented experiential learning environment. https://doi.org/10.1007/s10209-017-0592-2
Kholisho, Y N., Marfuatun., & Lutfi, S. (2020, May 1). The Development Of Augmented Reality For Hardware Introduction For SDU Hamzanwadi Students. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012009
Madhavi, V., Anggraena, Y., & Valentino, E. (2019). Jelajah Matematika 6 SD/MI Kelas VI (2nd ed.; M. Ali & A. R.K., Eds.). Yudhistira.
Pharausia, T V., Afirianto, T., & Amalia, F. (2021, December 7). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ. Fountain of Informatics Journal, 7(1), 38-38. https://doi.org/10.21111/fij.v7i1.6432.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, N. L. I. (2012). Asyiknya Belajar Bangun Ruang dan Sisi Datar. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).
Savela, N., Oksanen, A., Kaakinen, M., Noreikis, M., & Xiao, Y. (2020, February 19). Does Augmented Reality Affect Sociability, Entertainment, and Learning? A Field Experiment. https://doi.org/10.3390/app10041392
Sari, A K., Ningsih, P R., Ramansyah, W., Kurniawati, A., Siradjuddin, I A., & Sophan, M K. (2020, January 23). Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Metaverse. Panrita Abdi, 4(1), 52-52. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7620
Sutresna, J., Yanti, F., Eka Safitri, A., Raya Puspitek, J., Pamulang, K., & TangerangSelatan - Banten, K. (n.d.). Media Pembelajaran Matematika Pada Usia DiniMenggunakan Augmented Reality.
Technology Based Android in the Concept of NervousSystems: Vol. VIII (Issue 2). Cetak. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A. Jarot, Ed.). Kata Pena.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wu, H K., Lee, S W Y., Chang, H., & Liang, J C. (2013, March 1). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41-49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i2.10267
Article Metrics
Abstract - 686 PDF - 569Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY :