PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATERI SISTEM TATA SURYA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 3

Dika Novan Ramadhan, Ryan Riski Adhisa

Abstract


Latar belakang yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi di SDN 01 Blulukan pembelajaran dengan metode ceramah dalam pembelajaran. Keterbatasan media pembelajaran, sehingga media pembelajaran  materi sistem tata surya kurang menarik dan tidak efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan game edukasi pada materi sistem tata surya Sekolah Dasar dengan aplikasi Construct 3 dengan harapan meningkatnya minat juga hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) sebagai model pengembangan. Melalui proses uji coba media pembelajaran ini dengan maksud mendapatkan respon dari pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan nilai V mencapai 0,83, yang dinyatakan valid. Hasil uji materi media 13 item memiliki nilai V sebesar 0,83, dengan lower limit 0,64 sampai upper limit 0,93. Kesimpulan dari penelitian ini, pengembangan game edukasi pada materi sistem tata surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga game edukasi ini dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

References


Anshori, I. F., Kaffah, S. A., Supa, N., & Setiawan, R. (2022). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Menggunakan Construct 2. Jurnal Infotek. 5(2), 275–286.

Dwiyono. (2017). Game Media Pembelajaran Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Penggunaan Peralatan Tangan (Hand Tools) Dan Peralatan Bertenaga (Power Tools). Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(4), 343–351.

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Jannah, M. M., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 240–249.

Nurchim., & Purwanto, E. (2023). Penerapan Game Edukasi Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Duta Abdimas. 2(2), 37–42.

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Sutisna, Firmansyah, H., Sani, A., Hendarsyah, D., Adrianto, S., Darma, W. A., Herdiansah, A., Ariestiandy, D., Nurnaningsih, D., Setiawan, I., Wiyono, A. S., & Zaharah. (2021). Pengantar Teknologi Informasi (I. Kusumawati & M. Sari, Eds.; Ed.1). Insania.

Malasan, H. L. (2021). Guru dan Pembelajaran Astronomi di Indonesia. Retrieved October 10, 2023, from https://mediaindonesia.com/humaniora/422710/guru-dan-pembelajaran-astronomi-di-indonesia

Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android dengan Bantuan Software Construct 2 pada Materi Aljabar (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Permana, A. A., Perdana, A. T., & Ramadhan, Y. E. (2022). Mobile Educational Game of Animal Guess in Android Platform. JIKA (Jurnal Informatika), 6(3), 317–323. https://doi.org/10.31000/jika.v6i3.6811

Permatasari, S., Asikin, M., Matematika, P., Semarang, U. N., & Edukasi, G. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika “MaTriG” Dengan Software Construct 3 di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan matematika, 8(1), 21–30.

Puspitasari, A., Rudianto, B., Nasution, R., & Prasetya, M. A. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Augmented Reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10–17. https://doi.org/10.31000/jika.v6i1.5155

Rizal, S. (2023). Perancangan Game Tata Surya Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Algoritma a-Star Berbasis Android. Jurnal Satya Informatika, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.59134/jsk.v3i1.434

Supriana, F. I., Agustin, R. D., & Darmawan, F. (2022). Perancangan Ulang Game Edukasi Bahasa Inggris menggunakan Digital Game Based Learning Method. Jurnal Pasinformatik, 1(1), 17–24.

Susilo, R. D., & Yuliane, Y. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Luar Angkasa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(03), 215–225. https://doi.org/10.30998/vh.v2i03.910

Trio, M., Putra, M., Sari, A. K., & Risnasari, M. (2018). Pengembangan Game Educative Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 5, 40–47.

Wahyono, M., Asfarian, A., Ramadhan, D. A., Putro, H. P., Wisnubhadra, I., Saputra, B., & Pratiwi, H. (2023). Buku Panduan guru informatika untuk SMA Kelas 10. Retrieved from https://bukusekolah.id/

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084

Zahir, A., & Tanriolo, J. F. (2022). Game Edukasi Mata Pelajaran Biologi Jenjang SMA Berbasis Android. Jurnal Sinestesia, 12(2), 765–773.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12247

Article Metrics

Abstract - 1418 PDF - 855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :