EVALUASI UX PADA E-LIBRARY ITB AHMAD DAHLAN JKT MENGGUNAKAN HUMAN-CENTERED DESIGN

Farros Fauzaan Listianto, Shevti Arbekti Arman, Diana Yusuf

Abstract


ITB Ahmad Dahlan merupakan salah satu kampus yang memanfaatkan teknologi informasi, salah satu teknologi yang digunakan adalah dengan membangun aplikasi E-library ITB Ahmad Dahlan JKT. Meskipun telah mengalami pengembangan, terungkap bahwa pihak perpustakaan kampus masih menganggap aplikasi tersebut belum mencapai tingkat kesempurnaan yang optimal, baik secara tampilan maupun fitur-fitur yang belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dan memberikan rekomendasi perbaikan melalui user interface dalam bentuk prototipe pada aplikasi. Pengumpulan data diawali dengan observasi dan studi literatur, dilanjutkan dengan wawancara. Pada tahap perancangan digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) yang terdiri dari analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Evaluasi desain awal menggunakan metode Heuristic Evaluation (HE) ditemukan 8 masalah pada prinsip heuristic dan System Usability Scale (SUS) diperoleh rata-rata skor usability sebesar 57,08. Sedangkan pada desain solusi, metode HE hanya menemukan 3 masalah dan SUS mendapatkan rata-rata skor usability sebesar 78,16, yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Melalui wawancara akhir, dapat disimpulkan bahwa desain solusi berhasil mengatasi permasalahan desain awal. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi melalui pendekatan HCD yang terintegrasi dengan evaluasi HE dan SUS, sehingga menghasilkan peningkatan usability aplikasi terhadap kebutuhan pengguna dan penerimaan yang baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Full Text:

PDF

References


Biabdillah, F., Tolle, H., & Bachtiar, F. A. (2021). Go story: Design and evaluation educational mobile learning podcast using human centered design method and gamification for history. Journal of Information Technology and Computer Science, 6(3), 308–318.

Diah Indrayani, I. G. A. A., Bayupati, I. P. A., & Putra, I. M. S. (2020). Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 8(2), 89. https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i02.p03

Djatmiko, F. W., Az-Zahra, H. M., & Wijoyo, S. H. (2019). Perancangan Situs Website Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan Pendekatan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10797–10804. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6793

Esa, A. M. (2020). Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Klinik. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 1(1), 221–225.

Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3110–3117.

Garrett, J. J. (2011). The elements of user experience : user-centered design for the Web and beyond.

Hasna, R. N., Tolle, H., & Wijoyo, S. H. (2020). Evaluasi dan Perancangan User Experience menggunakan Metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Dunia Games. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(4), 1333–1343.

Irfan, A., & si Fitria, S. (2018). Peranan perpustakaan dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi. Al Maktabah, 3(2), 61–65.

Islam, K., & Rahayu, D. A. (2018). Evaluasi Antarmuka Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristic. Energy: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 8(1), 33–38.ISO 9241-210:2019. (2019, July 4). Part 210: Human-centred design for interactive systems. https://standards.iteh.ai/catalog/standards/iso/ec053ca4-2add-4e8c-9f0c-9664331ee35c/iso-9241-210-2019

ISO, B., & STANDARD, B. (2010). Ergonomics of human-system interaction. British Standards Institution.

Kaya, A., Ozturk, R., & Altin Gumussoy, C. (2019). Usability measurement of mobile applications with system usability scale (SUS). Industrial Engineering in the Big Data Era: Selected Papers from the Global Joint Conference on Industrial Engineering and Its Application Areas, GJCIE 2018, June 21–22, 2018, Nevsehir, Turkey, 389–400.

Perdana, J. D., Az-zahra, H. M., & Rachmadi, A. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Usability Testing dan Human-Centered Design (Studi Kasus: DPAD Malang Mobile Library). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 3225–3234. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7923

Putra, Y. I., Hakiki, M., Ridoh, A., Fauziah, S. P., Fadli, R., Sundahry, S. P., & others. (2022). Konsep Interaksi Manusia Dan Komputer. Penerbit Lakeisha.

Situmorang, R. I., Yunis, R., & Hita, H. (2022). Evaluasi Usability Portal Akademik UNIMED Menggunakan Metode Heuristic dan System Usability Scale. Remik, 6(3), 498–507. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11637

Wahyuningrum, T. (2021). Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Deepublish. https://repository.ittelkom-pwt.ac.id/7797/1/Mengukur%20usability%20perangkat%20lunak.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12644

Article Metrics

Abstract - 473 PDF - 553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :