RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR STUDI KASUS PADA CV SUMBER KARYA TEKNIK

Desy Nurnaningsih, Rachmat Destriana, Djamaludin Syahlan Mubaroq3

Abstract


Abstrak, Kegiatan persuratan pada suatu organisasi atau instansi adalah hal yang penting karena dapat menunjang perkembangan organisasi atau instansi dari sisi administrasi. Informasi-informasi penting maupun rahasia terkait dengan suatu instansi terkandung di dalamnya.Dengan menyimpan data atau keterangan tersebut, maka didapat surat yang disebut dengan arsip. Pada CV. Sumber Karya Teknik mengalami kesulitan dalam pengelolaan pengarsipan surat masuk dan surat keluar. Sistem pengarsipan yang berjalan saat ini dapat dikatakan masih kurang efisien dan efektif karena data surat masuk dan surat keluar sering tidak sesuai dengan data surat masuk dan surat keluar, dan semua proses masih dilakukan secara manual. Penulis merancangan sistem informasi pengarsipan surat masuk dan keluar berbasis web dengan bahasa pemrograman php dan MySQL sebagai database. System ini dikelola oleh satu pengguna sebagai super admin yang bisa mengelola surat masuk dan surat keluar untuk diarsipkan. Diharapkan dengan adanya sistem berbasis web ini dapat membantu perusahaan dalam pengarsipan surat menjadi lebih aman karna disimpan di dalam komputer.

References


Abas Kartadinata (2012). “Perbandingan Hasil Belajar Model Cooperative Learning Dengan Model Science Technology Society Pada Siswa Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1 Juni 2012.

Abdulloh, Rohi. 2016. Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Atyanto Mahatmyo. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Deepublish.

A.S Rosa dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berionterasi Obje. Informatika. Bandung.

Budiman, Agustiar.2012 . Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website. Makalah, halaman: 4

Faridl, Miftah. 2015. Fitur Dahsyat Sublime Text 3. Surabaya: LUG STIKOM.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis Edisi 6. Yogyakarta: BPFE.

Jaluanto, S. Punjul and . T. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Lamuddin finoza. (2009). Aneka Surat Sekretaris dan Surat Bisnis Indonesia Revisi 3. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Mahdiana, Deni.2011. Analisa Dan Rancangan SistemInformasi Pengadaan Barang DenganMetodelogi Berorientasi Obyek (Studi Kasus : PT. Liga Indonesia). Jurnal TELEMATIKA MKOM. Jakarta: Universitas Budi Luhur. Vol. 3 No .2, September 2011.

Maulani & Jubilee Enterprise. 2005. Kiat Merawat Gigi Anak. Jakarta : Gramedia

Nugroho. Adi. 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object. Bandung: Informatika.

Pressman, Ph.D.Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi 7. Penerbit Andi. Yogyakarta. Halaman 45 –46.

Rusdiana & Moch.Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Pustaka Setia,Bandung

Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dan PHP. Bandung: INFORMATIKA.

Sutanto, Ery Hermawan. 2014. PAS Sistem Informasi Penjualan Online Untuk Tugas Akhir. Semarang: Wahana Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutabri,Tata.2012. Konsep Sistem Informasi.Yogyakarta:ANDI.

Swastika, Windra. 2006. “PHP 5 dan MySQL 4 (Proyek Shopping Cart 1). Jakarta: Dian Rakyat.

Taufiq, Rahmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Whitten, Jeffery L., Bentley, Lonnie D, and Dittman, Kevin C. (2004). Metode Desain dan Analisis Sistem.Yogyakarta: Penerbit Andi dan Mc Graw Hill Education.

Winarno, Edy; Ali Zaki, SmithDev. 2014. “Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2101

Article Metrics

Abstract - 1700 PDF (Bahasa Indonesia) - 1976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING