SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT. TRANS RETAIL INDONESIA

Liesnaningsih Liesnaningsih, Oklawati Oklawati, Dian Kasoni

Abstract


Abstrak, Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) suatu perusahaan sangat mempengaruhi banyak aspek penentu keberhasilan kerja perusahaan. Salah satu yang terpenting dalam menajeman sumber daya manusia (SDM) di suatu perusahaan adalah pemilihan karyawan terbaik secara periodik untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan dedikasi dan kinerjanya. Pada PT. Trans Retail Indonesia saat ini belum optimal dalam pelaksanaan pemilihan karyawan terbaik, hal ini disebabkan karena belum tersedianya media yang dapat memproses penilaian karyawan dan memberikan rekomendasi dalam penilaian karyawan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penilaian dan pemilihan karyawan terbaik pada PT. Trans Retail Indonesia, serta untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan penilaian karyawan terbaik berdasarkan kebutuhan perusahaan. Sistem pendukung keputusan akan dibuat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan kriteria–kriteria yang sudah digunakan PT. Trans Retail Indonesia yaitu kejujuran, taat peraturan, mangkir/alpha, kedisiplinan, tanggung jawab, kebersihan, kerajinan, kreatifitas, kerjasama dan senyuman. Sistem pendukung keputusan dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Output dari sistem ini adalah nilai perhitungan pemilihan karyawan terbaik dan rekomendasi karyawan terbaik PT. Trans Retail Indonesia.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), Pemilihan, Penilaian,  Karyawan Terbaik.


References


Febrina Sari, 2017. Metode dalam pengambilan keputusan.Yogyakarta :Pendidikan Deepublish.

Henry, W. 2009. Sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerimaan beasiswa bank BRI menggunakan FMADM (studi kasus: mahasiswa fakultas tehnologi industry Universitas Islam Indonesia).

Jogiyanto, 2005.Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen-elemen yang

berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Kendall dan Kendall 2006.Sistem adalah serangkaian subsistem yang saling terkait dan tergantung satu sama lainnya, bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan sebelumnya

(2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute

Rosa A.S dan M Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika.

Turban, dan Nofriansyah 2014.Sistem Pendukung Keputusan biasanya dibangun untuk mendukung solusi atau sebuah masalah atau suatu peluang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2202

Article Metrics

Abstract - 821 PDF (Bahasa Indonesia) - 651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING