RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN RAJEG)

Diyah Ayuni, Ali Firdaus, Agung Wibowo, Desi Nurnaningsih

Abstract


Abstrak
Dalam era globalisasi saat ini salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah adalah bagaimana mewujudkan aparatur yang profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, keunggulan kompetitif, dan kemampuan memegang teguh etika birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan memenuhi aspirasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi indeks kepuasan masyarakat (IKM) berbasis web. Perancangan sistem informasi ini menggunakan tahap pengembangan sistem System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Teknik analisis sistem dengan metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service) dan tahap penggambaran sistem menggunakan pendekatan analisis berorientasi objek dengan UML (Unified Model Languange). Sistem yang dikembangkan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi sistem informasi indeks kepuasan masyarakat (IKM) berbasis web ini dapat membantu mempermudah perhitungan data indeks kepuasan masyarakat yang akan menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan terutama pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN).


Full Text:

PDF

References


Alim. (2013). Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi Offset.

James, A. O’Brien & George, M. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Murad, dkk., 2013, Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan PAUD Pada Himpaudi Kota Tangerang, Jurnal CCIT, Vol. 7 No. 1, September 2013.

Peraturan Bupati Tangerang Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan PATEN Di Kabupaten Tangerang.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Rainer and Cegielski. (2011). Introduction to Information Systems. USA: Wiley.

Rosa, A. S. dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Obyek. Bandung: Informatika.

Vidia, D., dkk., 2013, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya Dengan Metode Berorientasi Objek, Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya.

Wijayanto, T., dkk., 2013, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Barang Dengan Metode Berorientasi Objek Di U.D. Aneka Jaya Surabaya, Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya.

Yasin, V. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i1.3238

Article Metrics

Abstract - 2570 PDF - 2521

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING