PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI RESEP DAN MENU MAKANAN PADA PERANGKAT ANDROID MENGGUNAKAN METODE RAD

Dhea Putri Salsabila, Risqy Siwi Pradini, Nindynar Rikatsih

Abstract


Resep masakan dapat digunakan sebagai panduan untuk menggabungkan bahan-bahan makanan untuk membuat hidangan yang lezat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype yang diberi nama Recipes guna mempermudah menemukan ide resep makanan. Diharapkan hasil dari penelitian ini nantinya akan mengarah pada terciptanya sebuah prototype Recipes yang dapat digunakan oleh penggunanya. Metode Rapid Application Development (RAD) diterapkan pada penelitian ini agar dapat membentuk prototype aplikasi Android Recipes. Tahapan awal dalam metode RAD adalah menentukan kebutuhan dan merancang desain dengan pengguna, membagun prototype berdasarkan desain yang telah dibuat, dan memperkenalkan Recipes. Metode SUS kemudian digunakan untuk menguji aspek usability dari temuan pengujian prototype ini, dilanjutkan dengan penerapan penilaian desain yang dilakukan melalui pengujian pengguna secara langsung. Pada tahap evaluasi prototype dilakukan perhitungan tanggapan responden dan hasilnya adalah 81,1 termasuk dalam kategori grade A dan adjective rating adalah best imaginable. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan prototype Recipes berhasil mencapai tingkat kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Full Text:

PDF

References


Abyam Ahmad Nurrasyid, & Andhik Budi Cahyono. (2022). Implementasi Continuous Innovation Framework dalam Pengembangan Startup Sajiloka untuk Mencapai Problem-Solution Fit. Jurnal Portal-Universitas Islam Indonesia, 3(2), 1–8. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24207/14050

Anik Andriani, & Esti Qurniati. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) . Speed (Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi), 10(3), 1–6. http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/392

Ari Andriyas Puji, & Vivi Engraini. (2021). Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design. 2(1), 1–8.

Carlie Sucipta Tunggal. (2020). Aplikasi Resep Makanan My Chef Berbasis Mobile Android Dengan Model Pengembangan RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT). Repository Bina Sarana Informatika. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/301420/skripsi-carlie.pdf

Charity Latanza Indahsari, & Iwan Sukoco. (2020). Konsep Aplikasi Masak Yuk! dengan Menggunakan Prinsip Design Thinking. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 13–21. http://ejournal.winayamukti.ac.id/index.php/Organum/article/view/70

Daniel Andrian, & Ria Eka Sari. (2020). Perancangan Aplikasi Resep Masakan Khas Jawa Berbasis Android. Jurnal FTIK (Jurnal Mahasiswa Fakultas Komputer Dan Teknok Komputer), 1(1), 2–7.

Ilham Dwi Muchlison, Agi Putra Kharisma, & Issa Arwani. (2022). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Event di bidang Teknologi Informasi berbasis Android. S1. JPTIIK (Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer), 6(1), 282–291. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10464/4642

Meidyan Permata Puteri, & Hendra Effendi. (2018). IMPLEMENTASI METODE RAD PADA WEBSITE SERVICE GUIDE “TOUR WATERFALL SOUTH SUMATERA.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 130–131. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/sisfokom/article/view/00021

Muhammad Ulul Albab Iryanto, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, & Admaja Dwi Herlambang. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo. JPTIIK (, 3(7), 7093–7101. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5864

Muhammad Ziyad Al Maududi, Agi Putra Kharisma, & Fais Al Huda. (2022a). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Panduan dan Resep Masakan untuk Mahasiswa berbasis Android . JPTIIK (Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer). http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/11818/5244

Ni Wayan Sumartini Saraswati, Ni Wayan Wardan, & Ketut Laksmi Maswar. (2021). Rapid Application Developmentuntuk Sistem Informasi PayrollBerbasis Web. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 213–224. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.950

Risqy Siwi Pradini, Rony Kriswibowo, & Fatwa Ramdani. (2019). Usability Evaluation on the SIPR Website Uses the System Usability Scale and Net Promoter Score. International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET), 280–284. 10.1109/SIET48054.2019.8986098

Sefty Wijaanti, & Taufiqurrahman. (2019). Aplikasi Kumpulan Resep Makanan Tradisional Kutai Kartanegara Berbasis Android. JUSTTI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi), 11(2). http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/justi/article/view/152

Siti Nur Fajrina, Nia Setiawati, & Cut Erra Rismorlita. (2021). Media Pembelajaran Game Edukasi Kanji Berbasis Android Menggunakan CONSTRUCT 2 Terhadap Kemampuan Mengingat Kanji. Kagami: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Jepang, 12(2), 21–35. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/25801

Supriyanto. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Resep Masakan Berbasis Android. JIK (Jurnal Informasi Dan Komputer), 7(1). https://doi.org/10.35959/jik.v7i1.128

Titania Pricillia, & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v7i4.8993

Article Metrics

Abstract - 1072 PDF - 776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :