PENENTUAN JUMLAH PEKERJA OPTIMAL PADA BAGIAN RECEIVING DENGAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (STUDI KASUS PT. BATAM AERO TECHNIC)

Sri Lestari Lestari, Rio Septian Putra Darmala

Abstract


Pada dunia industri yang semakin maju ini membuat para pelaku industri baik industri manufaktur maupun jasa semakin berkompetitif dalam bersaing. Salah satu yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mengatur sistem manajemennya adalah mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia yang dimiliki. Karena dari hal tersebut perusahaan dapat melihat bagaimana penggunaan   sumber daya manusia yang dimiliki serta pencapaian target maksimal yang diinginkan perusahaan. Skripsi ini membahas tentang analisa beban kerja dan perencanaan jumlah tenaga kerja optimal pada bagian receiving PT. Batam Aero Technic, dilatar belakangi proses kerja masih banyak memiliki waktu kosong atau menganggur dan terindikasi memiliki kelebihan karyawan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah workload analysis dan dibantu dengan tool worksampling untuk mengetahui persentase dari kegiatan produktif dan menganggu yang dilakukan oleh karyawan pada saat di lokasi kerja. Hasil penelitian ini menunjukan untuk menyelesaikan proses receiving membutuhkan waktu 8.27 menit, didapatkan tingkat persentase produktif yang teramati adalah sebesar 70% dan jumlah pekerja optimal yang dibutuhkan oleh perusahaan pada bagian receiving adalah sebanyak 5 orang yang berarti jumlah pekerja yang sekarang dipekerjakan mengalami kelebihan pekerja yang mengakibatkan proses kerja kurang optimal dan efisien.

 

 

Kata Kunci: Managemen Sumber Daya Manusia, Manpower Planing, Produktifitas Kerja, Workload Analysis, Work sampling


Full Text:

PDF

References


Ajitia, Muhammad Ghantar., & Prasetya, Arik. (2017). Efektivitas Manpower Planning Dengan Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja (Work Load Analysis) Berdasarkan Pendekatan Full Time Equivalent (Studi Pada Divisi Pengembangan Karir, Organisasi, dan Kompetensi di PT. Pupuk Kalimantan Timur, Tbk Bontang, Kalimantan Timur). Jurnal Administrasi (JAB)|Vol. 42 No. 1 Januari 2017. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Anggraeni, Linanda Eka., & Prabowo, Rony. (2015). Analisis Beban Kerja untuk Menentukan Jumlah Karyawan Optimal (Studi Kasus: PT. Sanjayatama Lestari Surabaya). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015. Surabaya: Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama.

Arif, Riduwan. (2014). Analisa Beban Kerja dan Jumlah Tenaga Kerja yang Optimal Pada Bagian Produksi dengan Pendekatan Metode Work Load Analysis (WLA) di PT. Surabaya Perdana Rotopack. Jawa Timur: Jurusan Teknik Industri, Universitas Pembangunan Nasional.

Astuti, Ruhmaniyah Dwi & Iftadi, Irwan. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Kerja. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Koesomowidjojo, Suci R. Mari’ih. (2017). Panduan Praktis Menyusun Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Lituhayu, Rizaini. (2008). Analisis Beban Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Head Office PT. Lerindro Internasional Jakarta (Skripsi). Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Realdo, Yudinta Vino. (2015). Analisa Beban Kerja dalam Penentuan Jumlah Pekerja Optimal dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus di PT Asia Trade Perkasa Jalan Lingkar Bantul, Ngimbang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta (Skirpsi). Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Tekonologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Singgih, Moses L., & Dewita, Ellyn. (2008). Analisis Beban Kerja Karyawan pada Departemen Umum dan Logistik dengan Metode Work Load Analysis di Perusahaan Percetakan. Prosiding Seminar Nasional Teknoin. Surabaya: Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh November.

Sufiati, Siti Hanifah. (2007). Analisis Beban Kerja Karyawan Pada Divisi Produksi (Skripsi). Fakultas Ekonomi, Program Teknik Ilmu Pertanian, Institut Pertanian, Bogor.

Soemohadiwidjojo, Arini T. (2017). KPI (Key Performance Indicator) untuk Perusahaan Jasa

Triswandana, Michael Sidhi. (2011). Penentuan Jumlah Optimal Operator Pemindahan Unit Mobil pada Vehicle Logistic Center Perusahaan Manufaktur Otomotif dengan Pendekatan Workload Analysis (Skripsi).Fakultas Teknik, Program Teknik Industri, Universitas Indonesia, Depok.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Pers

Karim, A. dan Arif‐Uz‐Zaman, K. (2013) “A Methodology for Effective Implementation of Lean Strategies and Its Performance Evaluation in Manufacturing Organizations,” Business Process Management Journal, 19(1), hal. 169–196. doi: 10.1108/14637151311294912.

Librelato, T. P. et al. (2014) “A Process Improvement Approach based on the Value Stream Mapping and the Theory of Constraints Thinking Process,” Business Process Management Journal, 20(6), hal. 922–949. doi: 10.1108/BPMJ-07-2013-0098.

Ruiz‐de‐Arbulo‐Lopez, P., Fortuny‐Santos, J. dan Cuatrecasas‐Arbós, L. (2013) “Lean Manufacturing: Costing the Value Stream,” Industrial Management & Data Systems, 113(5), hal. 647–668. doi: 10.1108/02635571311324124.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jim.v7i2.6888

Article Metrics

Abstract - 631 PDF - 749

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jim.v7i2.6888.g3589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Abstracted/Indexed On :


Google-Scholar-logo-2015    garuda1   Scilit logo   base logo   dimensions  


Counter Stat: