ANALISIS EFEKTIFITAS MESIN ROUGHING MILL DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)

Heru Winarno, Faqih Ferdiansyah

Abstract


Mesin Roughing Mill merupakan mesin press baja dengan ukuran yang telah di standarkan. Mesin ini dipakai untuk mendapatkan ketebalan baja yang diinginkan.Untuk mendapatkan proses produksi berjalan dengan baik, perusahaan harus melakukan pemeliharaan mesin-mesin yang digunakan. Metode yang digunakan dalam pemeliharaan mesin yakni menggunakan Overall
Equipment Effectiveness (OEE). Perhitungan OEE dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Availability Rate, Performance Rate, dan Rate of Quality .Pengambilan data yang digunakan untuk penelitian yaitu data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil perhitungan pada mesin roughing mill tahun 2016 semester 1 diperoleh nilai Overall Equipment Evectiveness (OEE) adalah 52.69%. kondisi ini menunjukkan bahwa dalam mencapai target dan dalam pencapaian efektivitas penggunaan mesin roughing mill belum mencapai kondisi yang ideal (≥85%). Dari hasil penelitian ternyata bahwa efektivitas dari mesin roughing mill secara keseluruhan masih memerlukan evaluasi untuk dilakukan perbaikan dalam meningkatkan efektivitas dan produktivitas, khususnya pada permasalahan redeuced speed losses masih membutuhkan tools yang relavan dengan data yang sudah dikumpulkan untuk memudahkan identifikasi permasalahan pada mesin roughing mill.

Kata Kunci : Roughing Mill, Overall Equipment Effectiveness (OEE), Availability Rate, Performance Rate, Rate of Quality.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jim.v3i2.854

Article Metrics

Abstract - 986 PDF (Bahasa Indonesia) - 1546

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.31000/jim.v3i2.854.g528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Abstracted/Indexed On :


Google-Scholar-logo-2015    garuda1   Scilit logo   base logo   dimensions  


Counter Stat: