Analisis Ban Terhadap Gaya Gesek dan Temperatur Pada Prototype Mobil Listrik Heulang Galunggung
Abstract
Gesekan merupakan gaya yang melawan gerak suatu benda atau kecenderungan suatu benda untuk bergerak. Masalah penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana gesekan dipengaruhi oleh tekstur permukaan jalan dan faktor-faktor lain seperti gaya vertikal pada ban, kondisi jalan, dan koefisien gesekan antar permukaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak perubahan suhu terhadap tekanan ban dan stabilitas gesekan ban pada permukaan jalan. Metodologi yang digunakan meliputi pengujian ban dan pengukuran gaya gesekan pada berbagai suhu. Partisipan dalam penelitian ini meliputi ban dan permukaan jalan. Konteks penelitian ini adalah interaksi antara ban dan permukaan jalan dalam berbagai kondisi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai gesekan tertinggi terjadi pada siklus pengujian ke-8, dengan nilai 1291 N, sedangkan gaya gesek terendah pada siklus pertama dengan nilai 1278 N. Hal ini menunjukkan bahwa ban mengalami peningkatan performa seiring dengan berjalannya waktu dan siklus pengujian. Temperatur ban tertinggi tercatat pada siklus pertama dengan nilai 30,3℃, sedangkan temperatur terendah tercatat pada siklus kedelapan dengan nilai 27,4℃. Hasil ini menunjukkan pentingnya adaptasi ban terhadap kondisi jalan dan pengaruh suhu lingkungan terhadap kinerja ban.
Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v9i3.12262
Article Metrics
Abstract - 1Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Erwan Abadi Ibrahim, MH Nugraha
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License