PENGARUH PENYETELAN REM TROMOL BAGI JARAK PENGEREMAN DAN KONSUMSI ANGIN MOBIL HINO 500 FG235JS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan pengereman dan konsumsi angin pada mobil hino 500 FL235JS melalui penyetelan rem dari berbagai macam setelan celah rem. Penelitian lapangan (field research) adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Sementara subjek penelitian adalah peneliti sendiri, objek penelitian adalah system rem pada mobil HINO 500 FL235JS. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 1 orang supir, 2 orang mekanik, 1 orang traffic control. Instrument yang digunakan yaitu meteran 50 meter, mobil HINO500 FL235JS. Temuan pada penelitian ini yaitu terkait hasil Analisa kebutuhan penyetelan rem yang ideal bagi pemakain dan kebutuhan para supir. Penyetelan rem 3 klik depan 2 klik belakang menghasilkan jarak 13,7 meter pada tingkat kecepatan 40 km/jam dan 33,4 meter pada kecepatan 60 km/jam. Penyetelan rem 5 klik depan dan 4 klik belakang menghasilkan jarak 14,8 ada kecepatan 40 km/jam dan 34,7 meter pada kecepatan 60 km/jam. Penyetelam rem 3 klik depan belakang menghasilkan 14,5 pada kecepatan 40 km/jam dan 33,9 meter pada kecepatan 60 km/jam. Konsumsi angin pada semua setelan sama.
Kata kunci: Jarak pengereman, Konsumsi angin dan Penyetelan rem
References
Nasution & Arvianto 2015 “Penerapan Critical Chain Project Management Untuk Mengatasi Masalah Multi Proyek Dengan Keterbatasan Resources Di Pt Berkat Manunggal Jaya,” Ind. Eng. Online J., vol. 4.
Enggarsasi & Sa’diyah 2017. “Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas,” Perspektif.
Dzikrullah and Afrizal 2017. “Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) Dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Pros. Snatif, Univ. Muria Kudus.
Sukandi, Prayoga, & K. Rasyid 2020. “Modeling Dan Simulasi Transient Thermal Pada Rem Cakram Sepeda Motor,” Pros. Semin. Nas. Tek. Mesin.
Wagino, Pratama, & Fernandez 2016. “Pengaruh Penggunaan Kampas Rem Beralur Terhadap Jarak Pengereman Dan Temperatur Rem Tromol Pada Sepeda Motor Honda Fit S,” Vanos J. Mech. Eng. Educ. Vol.1, No.2.
Satrya 2021. “Kelebihan dan Kekurangan Rem Angin”.
Sugiyono 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Sitem Rem Berbasis prototype 39,” e-journal UNESA.
“Hino FG 235 JS,” hino bekasi, 2017. https://hinobekasi.com/hino-fg-235-js/ (accessed Feb. 10, 2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v9i4.12299
Article Metrics
Abstract - 1Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 saeful aripin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License